MODEL SISTEM ANTRIAN FIFO (FIRST-IN FIRST-OUT) PADA PELAYANAN FRONT OFFICE KEPADA MAHASISWA (STUDI KASUS : STIKOM Dinamika Bangsa)

  • Yudi Novianto

Abstract

Pelayanan front office kepada mahasiswa pada STIKOM Dinamika Bangsa selama ini masih menggunakan cara lama, yaitu : mahasiswa menunggu antrian dengan berdiri dan berbaris panjang (terkadang berdesakan yang membuat antrian tidak teratur serta tidak enak dipandang mata). Hal semacam ini tentu menimbulkan banyak kekurangan, seperti waktu tunggu yang menjadi lebih panjang dikarenakan antrian yang tidak teratur dan menimbulkan kelelahan bagi mahasiswa yang berdiri untuk menunggu antrian yang relatif tidak teratur. Didalam tulisan ini penulis bertujuan untuk memperbaiki sistem antrian dengan sebuah sistem antrian dengan metode FIFO, sehingga dapat membantu menertibkan antrian dengan menggunakan sistem antrian yang melalui layar monitor dan suara. Penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan pengamatan secara langsung dan studi pustaka serta menggunakan pendekatan berorientasi objek dalam perancangan sistem. Penelitian ini menghasilkan prototipe sistem dalam bentuk cetakan gambar dan diharapkan jika sistem ini diterapkan dapat membantu mempermudah pihak STIKOM Dinamika Bangsa untuk menyampaikan informasi mengenai nomor antrian melalui monitor dan suara, mengurangi tingkat kelelahan mahasiswa dalam mengantri serta dapat memberikan informasi mengenai estimasi waktu pelayanan terhadap mahasiswa.

Published
2017-08-24
How to Cite
NOVIANTO, Yudi. MODEL SISTEM ANTRIAN FIFO (FIRST-IN FIRST-OUT) PADA PELAYANAN FRONT OFFICE KEPADA MAHASISWA (STUDI KASUS : STIKOM Dinamika Bangsa). Jurnal Processor, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 339-347, aug. 2017. ISSN 2528-0082. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/87>. Date accessed: 15 sep. 2019.
Section
Articles