RANCANGAN RENCANA STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA SEKOLAH TINGGI DENGAN METODE WARD AND PEPPARD (STUDI KASUS: STIE MUHAMMADIYAH JAMBI)

  • Beni Irawan

Abstract

Perancangan Rencana Strategis Sistem Informasi dibutuhkan untuk mempersiapkan organisasi dalam merencanakan pemakaian teknologi dan sistem informasi untuk organisasinya. Perencanaan tersebut dibutuhkan sekali untuk menyesuaikan gerak langkah organisasi dengan sistem informasi yang pas dengan irama perkembangan organisasi dan mampu untuk memenuhi kebutuhan sistem informasi organisasi di masa datang. Atau dengan kata lain perencanaan strategis sistem informasi ini digunakan untuk menyelaraskan strategi bisnis dengan strategi sistem informasi.Penelitian ini bertujuan menyusun dan mengusulkan kerangka kerja perencanaan strategis sistem informasi untuk mendukung terwujudnya Visi dan Misi STIE Muhammadiyah Jambi. Metodologi yang digunakan dalam perencanaan strategis sistem informasi ini yaitu metode Ward and Peppard yang dibantu dengan analisis  Value chain untuk analisa lingkungan internal bisnis, PEST untuk analisis lingkungan eksternal bisnis dan McFarlan Strategic Grid untuk analisis kondisi SI/TI internal dan eksternal saat ini. Hasil dari analisis ini mendefinisikan perencanaan strategis sistem informasi berupa strategi bisnis sistem informasi, strategi manajemen sistem informasi dan teknologi informasi, strategi sistem informasi, gap analisis sistem informasi, dan rencana implementasi

Published
2017-08-24
How to Cite
IRAWAN, Beni. RANCANGAN RENCANA STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA SEKOLAH TINGGI DENGAN METODE WARD AND PEPPARD (STUDI KASUS: STIE MUHAMMADIYAH JAMBI). Jurnal Processor, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 321-329, aug. 2017. ISSN 2528-0082. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/85>. Date accessed: 22 july 2019.
Section
Articles