PERANCANGAN APLIKASI TENTANG INFORMASI PENYAKIT BERBAHAYA PADA ANAK-ANAK BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS PUSKESMAS PUDING KEC.KUMPEH KAB.MUARO JAMBI)

  • Sahrawi Sahrawi
  • Hetty Rohayani
  • Rico Rico

Abstract

Puskesmas Puding merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan masyarakat khususnya yang bertempat tinggal di Desa Puding. Puskesmas tidak cukup untuk memberitahukan tentang penyakit yang berbahaya pada anak hanya melalui sosialisasi semata. Hal itu terjadi karena keterbatasan waktu dan tempat untuk menyampaikan informasi pengetahuan tentang penyakit, baik dari gejalanya maupun dari cara pencegahan serta pengobatan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang penyakit berbahaya pada anak-anak dengan penjelasan penyakit, penyebab penyakit dan gejala sebelum terjadinya sakit pada anak-anak. Penelitian ini memiliki tahapan yaitu identifikasi masalah, studi literatur, pengumpulan data, analisis data, pengembangan sistem dan pembuatan laporan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi yang dapat menginformasikan kepada masyarakat pengguna aplikasi, tentang penyebab penyakit dan gejala yang terjadi pada anak-anak sebelum sakit, sehingga memudahkan pihak puskesmas dalam mengedukasi masyarakat tentang penyakit berbahaya pada anak-anak dengan akses yang lebih mudah.

Published
2017-08-23
How to Cite
SAHRAWI, Sahrawi; ROHAYANI, Hetty; RICO, Rico. PERANCANGAN APLIKASI TENTANG INFORMASI PENYAKIT BERBAHAYA PADA ANAK-ANAK BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS PUSKESMAS PUDING KEC.KUMPEH KAB.MUARO JAMBI). Jurnal Processor, [S.l.], v. 9, n. 3, p. 301-310, aug. 2017. ISSN 2528-0082. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/83>. Date accessed: 18 sep. 2019.
Section
Articles