PENERAPAN TEKNOLOGI WEBGL PADA SISTEM E-MEBEL MENGGUNAKAN METODE UML-BASED

  • IKA DWIJAYANTI
  • KARPEN KARPEN STMIK Amik Riau

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, menuntut suatu perusahaan atau instansi untuk mengedepankan layanan informasi yang lebih cepat dan lebih efisien. Akan tetapi, perusahaan UD.Sidiq yang merupakan sebuah usaha dagang yang bergerak di bidang mebel masih menggunakan media offline seperti brosur dan katalog untuk mempromosikan produknya. Hal ini tentu dianggap kurang efektif dalam meningkatkan omset penjualan, karena ruang lingkup penyebaran informasi yang terbatas. Oleh sebab itu di rancanglah sebuah Website E-Mebel dengan penerapan teknologi WebGL agar dapat menampilkan adegan 3D pada web-browser. Web Graphics Library (WebGL) adalah sebuah API JavaScript untuk merender grafis interaktif 3D pada web browser tanpa menggunakan plugin tambahan. WebGl memiliki konten canvas dari sebuah elemen HTML yang berfungsi untuk melakukan pemanggilan data dalam bentuk objek 3D. Perancangan sistem ini menggunakan Metode Uml-Based Web Engineering (UWE). Metode UWE merupakan metode perancangan sistem yang menggunakan diagram UML untuk menggambarkan aspek-aspek yang di rancang secara terstuktur. Metode ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu : aspect, views, dan fase. Dengan penerapan WebGL ini, sistem yang dihasilkan akan memberikan kemudahan bagi customer dalam melakukan pemesanan produk secara online. Customer juga akan dapat melihat produk yang ditawarkan dari berbagai sudut pandang karena objek yang di tampilkan dapat di navigasi sesuai dengan keinginan customer. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah untuk dapat menarik minat customer, karena saat ini masih banyak webiste developer yang membangun sistem dengan tampilan yang berorientasi pada objek 2D

References

[1] S. Pengajar, T. Elektro, and U. Andalas, “Vol : 3 No . 2 September 2014 Simulator Posisi Matahari Dan Bulan Berbasis Web Dengan Webgl Jurnal Nasional Teknik Elektro Jurnal Nasional Teknik Elektro,” J. Nas. Tek. Elektro, vol. 3, no. 2, pp. 183–189, 2014.
[2] A. Kinerja et al., “Implementasi Diagram UML Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle,” J. Informtika dan Ilmu Komput., vol. 6341, no. November, pp. 1–9, 2018.
[3] M. Syaifuddin, B. Andika, and R. I. Ginting, “Analisis Celah Keamanan Protocol TCP / IP,” J. Ilm. Saitikom, vol. 2, no. II, pp. 130–135, 1978.
[4] I. Rusmiyati, “Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia Di Smp Negeri 2 Bawen Kabupaten Semarang,” J. Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 2, 2014.
[5] A. Septian and J. Tampubolon, “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Tiga Dimensi ( 3d ) Terhadap Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Kelas Xi Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 2 Meulaboh,” J. Educ. Build., vol. 1, pp. 70–78, 2015.
[6] Pandu Sudarto Hasugian, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 82–86, 2018.
[7] R. P. Hastanti, B. Eka, P. Indah, and U. Wardati, “Sistem Penjualan Berbasis Web ( E-Commerce ) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan,” vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2015.
[8] P. Soepomo, “Media Pembelajar Proses Rendering Objek Pada Mata Kuliah Grafika Komputer Berbasis,” J. Sarj. nTeknik Inform., vol. 1, pp. 219–231, 2013.
[9] P. Peta, K. Universitas, and J. D. Bandung, “Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ) Indonesia Berbasis Webgl Muhammad Rizki Utama Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ),” J. Ilm. Komput. dan Onformatika, pp. 11–22, 2014.
[10] B. A. Wardijono, F. Hendajani, S. A. Sudiro, and A. I. Ramadhani, “Pengembangan Model Grafik 3 Dimensi Monumen Nasional Dan Lingkungan Sekitarnya Dengan Teknologi Virtual Reality Berbasis Web,” no. November, 2015.
[11] W. N. Utomo and K. Gunadi, “Aplikasi Virtual Tour 3D Pabrik PT . X,” vol. 12, no. 2, pp. 84–89, 2014.
[12] E. Lumba and Y. D. Prabowo, “UML-Based Web Engineering Untuk Perancangan Aplikasi,” vol. 7, no. 2, pp. 1–5, 2016.
[13] J. J. Rotinsulu, J. Manajemen, and F. Ekonomi, “Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Holland Bakery Manado Influence Factors On Consumer Behavior Buying Decisions Products At Pendahuluan Latar Belakang,” Ekon. dan Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 245–255.
[14] F. S. Zahra, “Perancangan Website E-Commerce Pada Toko Tawazun Outdoor Dengan Metode Market Basket Analysis,” J. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 2, no. III, pp. 216–234, 2017.
[15] B. S. Nugraha and A. Kurniawan, “Rancang Bangun 3d Virtual Reality Untuk Promosi Perumahan,” pp. 25–30, 2014.
Published
2019-11-01
How to Cite
DWIJAYANTI, IKA; KARPEN, KARPEN. PENERAPAN TEKNOLOGI WEBGL PADA SISTEM E-MEBEL MENGGUNAKAN METODE UML-BASED. Jurnal Processor, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 153-162, nov. 2019. ISSN 2528-0082. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/672>. Date accessed: 17 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.672.
Section
Articles