Perbandingan Analisis Kepuasan Pengguna Jaringan Internet Telkomsel Menggunakan R Programming dan Menggunakan Cara Manual

  • Kelik Sussolaikah Universitas PGRI Madiun

Abstract

Pada jaman modern, sebagian besar masyarakat tidak terlepas dari internet. Banyak provider dari kartu telekomunikasi yang menyediakan fasilitas internet. Salah satu provider tersebut adalah Telkomsel. Telkomsel merupakan provider yang cukup besar di Indonesia dan banyak penggunanya bukan hanya di perkotaan tetapi juga di pelosok tanah air karena jangkauan jaringan Telkomsel yang bisa menjangkau hampir seluruh wilayah terpencil di Indonesia. Namun, pada waktu-waktu tertentu pasti ditemui gangguan jaringan internet yang mampu mempengaruhi kepuasan pengguna jaringan internet Telkomsel. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis terkait kepuasan pengguna. Penulis memanfaatkan komentar masyarakat pada twitter untuk melakukan analisis tersebut. Analisis jaringan internet Telkomsel dilakukan dengan dua cara yaitu analisis otomatis dengan R Programming dan secara manual dengan polling responden. Hasil dari kedua analisis tersebut sama-sama menunjukkan kategori tidak puas walaupun dengan persentase yang berbeda tetapi keduanya sama-sama menunjukkan hasil tidak puas untuk hasil yang terbanyak. Untuk hasil analisis dengan R Programming tidak puas sebesar 14,5% sedangkan analisis secara manual sebesar 61%. Hasil analisis yang digunakan dalam perbandingan hanya kategori puas dan tdak puas dan penulis mengabaikan hasil dari kategori netral, karena netral tidak mengandung emosi apapun. Dari kedua analisis yang dilakukan penulis, analisis otomatis dengan R Programming lebih efektif dan efisien karena mulai dari awal proses crawling twitter sampai dengan hasil analisis dan visualisasinya bisa dilakukan dengan lebih cepat.


Kata kunci: Crawling, Jaringan Internet, Provider, R Programming.

Published
2020-04-27
How to Cite
SUSSOLAIKAH, Kelik. Perbandingan Analisis Kepuasan Pengguna Jaringan Internet Telkomsel Menggunakan R Programming dan Menggunakan Cara Manual. Jurnal Processor, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 1-10, apr. 2020. ISSN 2528-0082. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/654>. Date accessed: 06 june 2020. doi: https://doi.org/10.33998/processor.2020.15.1.654.
Section
Articles