PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN TATA SURYA BERBASIS ANDROID PADA SD NEGERI 139/IV KOTA JAMBI

  • AGUS PRASETIO STIKOM Dinamika Bangsa
  • NURHADI NURHADI
  • MULYADI MULYADI

Abstract

Metode pembelajaran di sekolah-sekolah saat ini masih dilakukan secara konvensional, menggunakan media seperti buku, papan tulis, dan alat peraga yang secara visual kurang menarik perhatian siswa sehingga berdampak pada rendahnya daya tangkap siswa terhadap materi yang disampaikan, salah satunya adalah materi pengenalan tata surya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perangkat ajar berbasis augmented reality sehingga objek akan terlihat lebih nyata dan meningkatkan pemahaman siswa sistem tata surya. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah mengindetifikasi masalah, melakukan studi literatur, mengumpulkan data, mengembangkan sistem, menguji aplikasi dan menyusun laporan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Prototyping. Aplikasi pengenalan tata surya ini dibangun menggunakan unity sebagai game engine, vuforia SDK sebagai liberary augmented reality dan software sketchup untuk membuat rancangan objek. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi augmented reality pengenalan tata surya berbasis android pada SD Negeri 139/IV Kota Jambi.

References

1] Nurhadi and Mulyadi, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Berbasis Face Tracking untuk mendeteksi Wajah Peserta Wisuda,” Processor, vol. 13, no. 1, pp. 1189–1199, 2018.
[2] Riyanto and S. S.R, “Pemanfaatan Augmented Reality pada Media Pembelajaran Interaktif Peredaran Planet,” Juita, vol. III, no. November, pp. 187–192, 2015.
[3] D. E. Nurcahyo, Selo, and B. S. Hantono, “Pemanfaatan Augmented Reality Dalam Dunia Pendidikan untuk mempelajari Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Android,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., no. Sentika, pp. 193–198, 2015.
[4] S. A. Prasetyo, “Augmented Reality Tata Surya Sebagai Sarana Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android,” 2014.
[5] T. A. Ananda, N. Safriadi, and A. S. Sukamto, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Planet-Planet Di Tata Surya,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2015.
[6] A. P. Prayudi and Suharyanto, “Penerapan Augmented Reality Pada Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Tata Surya Berbasis Android,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 6, no. 4, pp. 1–7, 2017.
[7] M. E. Apriyani and R. Gustianto, “Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan Purbakala dengan Animasi 3D menggunakan Metode Single Marker,” J. INFOTEL - Inform. Telekomun. Elektron., vol. 7, no. 1, pp. 47–52, 2015.
[8] C. Supriatna and Sutomo, “Media Sosialisasi Rambu-Rambu Lalulintas Dengan Metode Augmented Reality Berbasis Android,” Media J. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 9–17, 2016.
[9] K. E. Kendall and J. E. Kendall, System Analysis and Design, 8th Editio. United State: Prentice Hall, 2011.
[10] G. B. Shelly and H. J. Rosenblatt, Systems Analysis And Design, Ninth Edit. Boston USA: Shelly Cashman Series, 2012.
[11] R. S. Pressman, Software-Engineering : A Practitioner’s Approach, 7th Editio. New York: McGraw-Hill, 2010.
Published
2019-11-01
How to Cite
PRASETIO, AGUS; NURHADI, NURHADI; MULYADI, MULYADI. PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN TATA SURYA BERBASIS ANDROID PADA SD NEGERI 139/IV KOTA JAMBI. Jurnal Processor, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 94-104, nov. 2019. ISSN 2528-0082. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/645>. Date accessed: 17 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.645.
Section
Articles