PENGUKURAN KUALITAS DIGITAL LIBRARY STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI

  • WILLY RIYADI STIKOM DINAMIKA BANGSA
  • XAVERIUS SIKA

Abstract

Penggunaan layanan sistem informasi perpustakaan berbasis website berupa perpustakaan digital sudah banyak dilakukan pada perpustakaan perguruan tinggi. Pemanfaatan perpustakaan digital dilakukan dalam rangka memberikan kemudahan bagi para pengguna perpustakaan, khususnya civitas akademika STIKOM Dinamika Bangsa Jambi yang dapat diakses pada alamat (http://digilib.stikom-db.ac.id) sejak tahun 2010. Sesuai tujuan pembuatannya perpustakaan digital tersebut digunakan sebagai wadah yang menampung berbagai penelitian, buku digital, skripsi, maupun thesis dari civitas akademika STIKOM Dinamika Bangsa Jambi sebagai salah satu media pembelajaran maupun referensi oleh mahasiswa maupun dosen dalam melakukan penelitian selanjutnya. Namun hingga saat ini belum ada pengukuran kualitas digital library pada situs (http://digilib.stikom-db.ac.id), sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengukur penilaian pengguna terhadap kualitas layanan digital library STIKOM Dinamika Bangsa Jambi menggunakan WebQual 4.0. Adapun metode penelitan yang digunakan kuantitatif berupa kuesioner dengan responden mahasiswa/i Strata 1 (S1) STIKOM Dinamika Bangsa Jambi program studi Teknik Informatika (TI), Sistem Informasi (SI), dan Sistem Komputer (SK) semester genap 2018/2019 yang mengontrak mata kuliah kerja praktek dan tugas akhir dengan sampel 10% dari 563 responden yaitu 56 orang. Setelah itu dilanjutkan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi, serta analisis liniear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics. Sehingga diperoleh kesimpulan yaitu : kualitas penggunaan (usability), kualitas informasi (information quality), dan kualitas interaksi (interaction quality) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna (customer satisfaction).

References

Arora, J., Trivedi, K.J & Kembhavi, A., “Impact of access to e-resources through the UGC-INFONET Digital Library Consortium on research output of member universities”, Current Science Journal, 104 (3&10), pp.1-9, 2013.
Hirsh, K., “Using university-supported digital library collections in the K-12 classroom. Durham”, Asian Journal of Research in Marketing, NC: North Carolina Central University Technology institute for Educators, 2014.
Ghalandari, S., Salarzehi, H., & Kamalian A., R., “Assessment of Service Quality at University of Sistan and Baluchestan Digital library from the Perspective of Graduate Students and Its Relationship with Student Satisfaction”, Asian Journal of Research in Marketing, 3(2), pp.57-66, 2014.
Hadi, L., A., Y., “Kualitas website repository perpustakaan perguruan tinggi di Surabaya”, Studi deskriptif tentang kualitas website repository perpustakaan UK Petra dan UIN Sunan Apel Surabaya berdasarkan pendekatan Webqual, 2016. Available at: http://repository.unair.ac.id/54912/. [Accessed : 10 Oktober 2018].
Hyejeong, Kim & Linda S.Niehm., “The Impact of Website Quality On Information Quality, Value, and Loyalty Intentions In Apparel Retailing”, Journal Of Interactive Marketing, 2009.
Kotler, Philip & Kevin, Lane Keller, Marketing Management (13th Edition). Prentice Hall International, 2009.
Barnes, S., J., & Vidgen, R., T., “An Intergrative Approach To The Assessment Of E-Commerce Quality”, Journal of Electronic Commerce Research, 3, pp.114-127, 2002.
Manik, A., et.al, “Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya”, Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan, 4 (1), pp.477-484, 2017.
Published
2019-11-01
How to Cite
RIYADI, WILLY; SIKA, XAVERIUS. PENGUKURAN KUALITAS DIGITAL LIBRARY STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI. Jurnal Processor, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 116-127, nov. 2019. ISSN 2528-0082. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/640>. Date accessed: 17 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.640.
Section
Articles