PERANCANGAN APLIKASI STEGANOGRAFI TEKNIK LSB (LEAST SIGNIFICANT BIT) DALAM KEAMANAN KOMPUTER

  • Irvando Irvando
  • Benny Purnama
  • Ibnu Sani Wijaya

Abstract

Keamanan file merupakan suatu tindakan yang bertujuan untuk mengamankan data yang penting dalam suatu file dari gangguan pihak lain yang tidak bertanggung jawab terhadap kerahasiaan data. Terkadang  ada  informasi  yang  hanya ditujukan untuk orang –orang tertentu atau badan – badan  tertentu  saja  karena  sangat  dirahasiakannya informasi tersebut.


Keamanan file menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan demi terjaminnya kerahasiaan data dalam suatu  file. Teknik LSB atau Least Significant Bit merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam steganografi. Teknik ini digunakan dengan cara mengganti bit terakhir citra dengan pesan rahasia. Teknik ini mengurangi  kekurangan  dari  kriptografi  yang  dapat dengan  mudah  menimbulkan  kecurigaan. Steganografi  menyembunyikan  informasi  rahasia  di dalam  informasi  lain  sehingga  informasi  tersebut  tidak  dapat  diketahui  oleh  orang  lain  yang  tidak bersangkutan

Published
2017-08-21
How to Cite
IRVANDO, Irvando; PURNAMA, Benny; SANI WIJAYA, Ibnu. PERANCANGAN APLIKASI STEGANOGRAFI TEKNIK LSB (LEAST SIGNIFICANT BIT) DALAM KEAMANAN KOMPUTER. Jurnal Processor, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 77-88, aug. 2017. ISSN 2528-0082. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/59>. Date accessed: 22 july 2019.
Section
Articles