PENERAPAN SISTEM NAVIGASI SENSOR KOMPAS PADA ROBOT SEPAK BOLA BERODA

  • CHINDRA SAPUTRA Stikom DB
  • ROBY SETIAWAN

Abstract

Kontes Robot Indonesia atau KRI sudah dilakukan pada setiap tahunnya di Indonesia baik tingkat regional dan tingkat nasional. KRI adalah perlombaan robot bagi mahasiswa memiliki beberapa cabang perlombaan yang diadakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti). Pada 2017 cabang yang baru di perlombakan adalah Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda. Pada cabang KRSBI Beroda, dimana robot harus bisa bernavigasi dalam hal mencari bola, menggiring dan menendang bola kearah gawang lawan. Akan tetapi, pada saats pertandingan kebanyakan robot memiliki masalah dalam sistem posisi. Akibatnya banyak robot yang sering salah alamat atau tidak bisa mengenali mana gawang sendiri dan mana gawang lawan, sehingga robot dapat menendang bola ke arah gawang sendiri. Dengan adanya permasalahan tersebut salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan sensor kompas sebagai petunjuk arah, sehingga robot bisa membedakan mana posisi gawang sendiri dan mana posisi gawang lawan. Robot KRSBI Beroda ini di rancang dapat bergerak ke segala arah dengan kecepatan yang konstan untuk setiap geraknya. Robot ini di buat memiliki sistem navigasi yang baik dan dapat mengikuti seluruh instruksi yang telah di berikan. Penelitian ini menghasilkan sebuah robot sepak bola beroda dengan 3 buah motor dc menggunakan ban omni-directional sebagai penggeraknya dan menggunakan sensor kompas unruk mendeteksi arah. 

References

[1] RISTEKDIKTI. (2018). Panduan Umum Kontes Robot Indonesia 2018. Jakarta: RISTEKDIKTI..
[2] Fadlisyah M, Sayuti. (2009). Robot Visi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[3] Sany Halim. (2007), Merancang Mobile Robot Pembawa Objek Menggunakan OOPic-R. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
[4] Winarno, Deni Arifianto. (2011). Bikin Robot Itu Gampang. Surabaya: PT. Kawan Pustaka.
[5] Susanto, H., Pramana, R., & Mujahidin, M. (2013). Perancangan Sistem Telemetri Wireless Untuk Mengukur Suhu dan Kelembaban Berbasis Arduino Uno R3 ATmega328P dan XBee Pro. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjung Pinang.
[6] Golden Rick. (2013). Raspberry Pi Networking Cookbook Livery Place. Birmingham: Packt Publishing Ltd.
[7] Ardi Winoto. (2008). Mikrokontroler AVR Atmega8/16/8535 dan Pemrogramannya dengan Bahasa C pada WinAVR. Bandung: Informatika.
[8] Richard Grimmett. (2015). raspberry PI Robotic Blueprint. Birmingham: Packt Publishing Ltd
[9] Busran. B, & Ferdiansyah. E. “Perancangan Alat Bantu Pengukuran Jarak Dalam Gua Berbantuan Arduino Menggunakan Sensor Ultrasonik.” Jurnal TeknoIf, 5(1), 2017.
[10] Richard Grimmett. Raspberry PI Robotic Blueprint. Birmingham: Packt Publishing, 2015 Ltd.
Published
2019-04-26
How to Cite
SAPUTRA, CHINDRA; SETIAWAN, ROBY. PENERAPAN SISTEM NAVIGASI SENSOR KOMPAS PADA ROBOT SEPAK BOLA BERODA. Jurnal Processor, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 35-42, apr. 2019. ISSN 2528-0082. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/556>. Date accessed: 19 may 2019. doi: https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.1.556.
Section
Articles