SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA DENGAN METODE MAUT (STUDI KASUS: STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI)

  • WLLY RIYADI STIKOM DINAMIKA BANGSA
  • XAVERIUS SIKA

Abstract

STIKOM Dinamika Bangsa merupakan salah satu kampus yang bergerak dalam pendidikan ilmu komputer di kota jambi. Ada 3 jenis beasiswa yang dapat diperoleh mahasiswa/i jenjang Strata 1 (S1) yaitu beasiswa Peningkat Prestasi Akademik (PPA), beasiswa BIDIKMISI dari Dirjen DIKTI atau beasiswa berprestasi dari yayasan STIKOM Dinamika Bangsa Jambi yang memiliki aturan dan kriteria tersendiri seperti Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), penghasilan orang tua, jumlah saudara kandung, jumlah tanggungan orang tua, dan lain­lain. Guna membantu WAKA III bidang kemahasiswaan menseleksi mahasiswa/i yang layak menerima beasiswa maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan multikriteria MAUT (Multi-Attribute Utility Theory) yang merupakan salah satu metode kuantitatif yang dijadikan dasar pengambilan keputusan melalui prosedur sistematis yang mengidentifikasi dan menganalisa beberapa variabel.


Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan membuat rancang bangun prototype aplikasi seleksi penerimaan beasiswa yang terintegrasi dengan sistem informasi akademik sehingga mempermudah proses seleksi dan pendaftaran beasiswa PPA maupun BIDIKMISI pada STIKOM Dinamika Jambi.

Published
2018-10-18
How to Cite
RIYADI, WLLY; SIKA, XAVERIUS. SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA DENGAN METODE MAUT (STUDI KASUS: STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI). Jurnal Processor, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 1247-1258, oct. 2018. ISSN 2528-0082. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/401>. Date accessed: 18 nov. 2018.
Section
Articles