IMPLEMENTASI SENSOR KOMPAS PADA ROBOT HUMANOID SOCCER BERBASIS RASPBERRY PI

  • IRWAN BUSTAMI irwan

Abstract

Di Indonesia ajang kontes robot sudah dilakukan pada setiap tahunnya baik tingkat regional dan tingkat nasional. Kontes Robot Indonesia atau KRI terdiri dari 4 divisi yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI),Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Salah satu kategori yang ingin dibahas dalam penelitian ini adalah kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). Pada kategori ini, robot harus bisa bernavigasi untuk mencari bola dan menendang bola kearah gawang lawan. Tujuan utama dari robot ini adalah bernavigasi mencari bola dan menendang bola kearah gawang lawan. Akan tetapi, pada saat pertandingan robot memiliki masalah dalam sistem posisi. Akibat permasalahan tersebut banyak robot tidak dapat membedakan mana gawang sendiri dan gawang musuh, sehingga robot dapat menendang bola kearah gawang sendiri. Salah satu solusi yang dapat membantu permasalahan pada posisi robot sepak bola adalah dengan cara memanfaatkan sensor kompas sebagai penunjuk arah, yang dapat membedakan mana posisi gawang lawan dan posisi gawang sendiri. Beberapa gerakan yang dapat dilakukan oleh robot adalah gerak maju, gerak mundur, gerak berbelok kekanan maupun kekiri, dan berhenti.Robot yang dibuat mempunyai satu buah sensor kompas yang berfungsi untuk mendeteksi arah gawang lawan. Robot yang dibuat memiliki sistem navigasi yang baik dan dapat mengikuti instruksi sesuai dengan yang telah diprogram. Penelitian ini menghasilkan sebuah robot humanoid dengan menggunakan motor servo sebagai penggerak dan menggunakan 1 buah sensor kompas untuk mendeteksi arah. Semua sistem dapat bekerja sesuai dengan perintah atau instruksi dari raspberry pi.

References

[1] RISTEKDIKTI. (2016). Panduan Umum Kontes Robot Indonesia 2016. Jakarta: RISTEKDIKTI.
[2] Fadlisyah M, Sayuti. (2009). Robot Visi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[3] Taufiq Dwi Septian Suyadhi. (2010). Buku Pintar Robotika Bagaimana Merancang dan Membuat Robot Sendiri. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
[4] Winarno, Deni Arifianto. (2011). Bikin Robot Itu Gampang. Surabaya: PT. Kawan Pustaka.
[5] ROBOTIS. (2010). robotis. Retrieved 2016, from ROBOTIS e-Manual v1.29.00: http://support.robotis.com/en
[6] Golden Rick. (2013). Raspberry Pi Networking Cookbook Livery Place. Birmingham: Packt Publishing Ltd.
[7] Ardi Winoto. (2008). Mikrokontroler AVR Atmega8/16/8535 dan Pemrogramannya dengan Bahasa C pada WinAVR. Bandung: Informatika.
[8] Hendriono. (2011). Pengenalan Mikroprosesor dan Bahasa C (Codevision AVR). Yogyakarta: Graha Ilmu.
[9] Richard Grimmett. (2015). raspberry PI Robotic Blueprint. Birmingham: Packt Publishing Ltd
Published
2018-04-30
How to Cite
BUSTAMI, IRWAN. IMPLEMENTASI SENSOR KOMPAS PADA ROBOT HUMANOID SOCCER BERBASIS RASPBERRY PI. Jurnal Processor, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 1132-1145, apr. 2018. ISSN 2528-0082. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/324>. Date accessed: 18 nov. 2018.