SISTEM NAVIGASI ROBOT AVOIDER BERODA PADA ARENA KONTES ROBOT PEMADAM API INDONESIA (KRPAI) MENGGUNAKAN METODE WALL FOLLOWER

  • AGUS SISWANTO STIKOM DB JAMBI

Abstract

Di Indonesia ajang kontes robot dikenal dengan nama KRI atau Kontes Robot Indonesia, dimana kontes
ini di adakan setiap satu tahun sekali. Kontes Robot Indonesia ini terdiri dari empat kategori. Salah satu kategori yang ingin dibahas dalam penelitian ini adalah kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia
(KRPAI) divisi robot beroda. Pada kategori ini, robot harus bisa bernavigasi untuk menelusuri ruangan-ruangan yang ada di arena menggunakan roda sebagai penggerak. Tujuan utama dari robot ini adalah
mencari ruangan yang memiliki titik api dan setelah itu baru memadamkan api yang ada di ruangan tersebut. Akan tetapi, pada saat pertandingan banyak robot yang memiliki masalah pada sistem navigasinya. Akibat permasalahan tersebut banyak robot yang hanya berputar-putar di daerah posisi home atau startnya. Selain itu ada juga robot yang telah masuk ke salah satu ruangan, kemudian tidak bisa keluar dari ruangan tersebut. Salah satu solusi yang dapat membantu permasalahan pada sistem navigasi robot divisi beroda adalah dengan cara mengikuti sisi dinding (metode wall follower). Wall Follower merupakan algoritma dimana proses pemilihan sistem navigasi robot yaitu berjalan mengikuti dinding kiri atau dinding kanan.

References

[1] RISTEKDIKTI. (2016). Panduan Umum Kontes Robot Indonesia 2016. Jakarta: RISTEKDIKTI.
[2] Fadlisyah M, Sayuti. (2009). Robot Visi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[3] Taufiq Dwi Septian Suyadhi. (2010). Buku Pintar Robotika Bagaimana Merancang dan Membuat Robot Sendiri. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
[4] Winarno, Deni Arifianto. (2011). Bikin Robot Itu Gampang. Surabaya: PT. Kawan Pustaka.
[5] Desouky, Schwartz. (2009). Genetic Based Fuzzy Logic Controller For a Wall-Following Mobile Robot. American Control Conference, 3555-3560.
[6] Deddy Susilo, Rony Abdityo Nugroho. (2007). Wall Following Algorithm. Jurnal Ilmiah Elektronika Vol.6 No.2, 61-69.
[7] Ardi Winoto. (2008). Mikrokontroler AVR Atmega8/16/8535 dan Pemrogramannya dengan Bahasa C pada WinAVR. Bandung: Informatika.
[8] Hendriono. (2011). Pengenalan Mikroprosesor dan Bahasa C (Codevision AVR). Yogyakarta: Graha Ilmu.
[9] Widodo Budiharto. (2010). Belajar Sendiri Membuat Robot Cerdas. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Published
2018-04-30
How to Cite
SISWANTO, AGUS. SISTEM NAVIGASI ROBOT AVOIDER BERODA PADA ARENA KONTES ROBOT PEMADAM API INDONESIA (KRPAI) MENGGUNAKAN METODE WALL FOLLOWER. JURNAL PROCESSOR, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 1118-1131, apr. 2018. ISSN 2528-0082. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/320>. Date accessed: 26 sep. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.