RANCANG BANGUN TIMBANGAN BADAN OUTPUT SUARA BERBASIS ARDUINO UNO R3

  • Eka Iswandy
  • Afrizal Suhemi

Abstract

Timbangan badan adalah salah satu peralatan yang digunakan dalam dunia kesehatan, timbangan badan yang terdapat dibeberapa pos pelayan terpadu dan puskesmas masih banyak yang menggunakan timbangan tradisional. Oleh karena itu diperlukan timbangan badan elektronik bersuara, karena nilai ketelitian timbangan elektronik bersuara ini lebih akurat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian perpustakaan, metode penelitian lapangan, dan metode penelitian laboratorium. Penelitian ini bertujuan merancang dan membuat timbangan badan bersuara yang sederhana dengan menggunakan sensor Loadcell yang akan mendeteksi nilai berat badan manusia. Sebagai pengolah nilai berat dari sensor Loadcell digunakan Modul Arduino. Mikrokontroller ATmega328 yang terdapat dalam Modul Arduino akan mengolah data dari nilai tekanan sensor Loadcell untuk di tampilkan ke LCD dan suara ke Speker. Bahasa pemograman yang digunakan adalah bahasa C yang terdapat pada software Arduino. Dengan alat ini diharapkan penimbangan berat badan manusia lebih akurat dan lebih mudah. Sedangkan hasil pengujian dari rangkaian secara keseluruhan yaitu menampilkan berat yang terukur pada LCD dan menginformasikan berat yang terukur melalui Speker. Secara keseluruhan disimpulkan bahwa rancang bangun timbangan badan bersuara yang telah di buat sudah dapat bekerja dengan baik sesuai dengan yang di rancang.

Published
2018-04-04
How to Cite
ISWANDY, Eka; SUHEMI, Afrizal. RANCANG BANGUN TIMBANGAN BADAN OUTPUT SUARA BERBASIS ARDUINO UNO R3. Jurnal MEDIA PROCESSOR, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 938-947, apr. 2018. ISSN 2528-0082. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/222>. Date accessed: 17 july 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.