ANALISIS NON PARAMETRIK DALAM MENENTUKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA TIDAK MELANJUTKAN STUDI PADA SEMESTER PERTAMA

  • Susandri Susandri

Abstract

Jumlah mahasiswa aktif dari semester awal sampai semester akhir merupakan hal yang sangat diinginkan oleh institusi yang bergerak dalam jasa pendidikan. Pada institusi STMIK Amik Riau jumlah mahasiswa baru yang tidak  melanjutkan studi pada semester satu cukup tinggi. Hal ini terus berulang dalam tiga tahun terakhir sehingga mempengaruhi operasional dan program strategis yang dirancang instiusi. Permasalahan diatas sampai saat ini belum dilakukan kajian secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa tersebut tidak melanjutkan studi. Penelitian ini perlu dilakukan untuk membuktikan secara ilmiah sehingga bisa menjawab permasalahan tersebut diatas. Penelitian ini digunakan analisis non parametrik dengan tahapan pengumpulan dan seleksi data, distribusi dan pengujian data, penambangan data, analisa dan hasil, dokumentasi dan pelaporan penelitian serta publikasi. Pada penelitian ini telah diuji variabel nilai bahasa inggris, nilai kecakapan logika dan  nilai rata-ratat  terhadap keberlanjutan studi. Pada tingkat kepercayaan 95%, yang memiliki hubungan yang signifikan dengan keberlanjutan studi pada semester satu adalah nilai kecakapan logika dengan sig. (2-tailed)= 0,07 dan kualitas hubungan yang lemah koefesien korelasi = (-0,085)

Published
2017-09-09
How to Cite
SUSANDRI, Susandri. ANALISIS NON PARAMETRIK DALAM MENENTUKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA TIDAK MELANJUTKAN STUDI PADA SEMESTER PERTAMA. Jurnal Processor, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 871-879, sep. 2017. ISSN 2528-0082. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/184>. Date accessed: 13 nov. 2019.
Section
Articles