PROTOTIPE PENILAIAN KINERJA CUSTOMER SERVICE DENGAN METODE FUZZY MAMDANI: STUDI KASUS PT. X
Abstract
Bagi PT. X yang bergerak di bidang jasa, Customer Service adalah ujung tombak bagi perusahaan karena melalui Customer Service-lah customer dapat ‘bertemu’ dan berinteraksi dengan perusahaan. Customer Service diharapkan memenuhi semua kebutuhan customer dengan aturan yang berlaku di perusahaan dan menjadi sumber pendapatan bagi perusahaan. Untuk menciptakan Customer Service yang handal, salah satu caranya dengan menilai kinerja mereka. Dengan penilaian kinerja, perusahaan dapat mempertimbangkan dan menentukan pemberian reward, promosi, punishment, training, coaching, konseling, ataupun mutasi bagi para karyawannya. Pilihan metode yang digunakan untuk menilai kinerja Customer Service di PT. X adalah Fuzzy Mamdani. Dengan metode Fuzzy Mamdani, sistem yang serba terukur dan penilaian manusia yang cenderung tidak terukur, dapat dijembatani. Prototipe penilaian kinerja Customer Service menggunakan metode fuzzy yang dihasilkan diharapkan dapat dijadikan alternatif solusi bagi PT. X untuk menilai kinerja Customer Service.
- Hak publikasi prosiding menjadi milik penyelenggara kegiatan dengan sepengetahuan penulis, sedangkan hak moral publikasi menjadi milik penulis.
- Aspek legal formal terhadap aksesibilitas publikasi ini dapat dimanfaatkan dengan tujuan non-komersial dan dalam bentuk aslinya (tidak dapat dimodifikasi).
- Setiap makalah prosiding (elektronik) bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penyelenggara kegiatan tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pihak tertentu.