PENGEMBANGAN MODEL KARAKTER INTERAKTIF 3D BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN GAME ENGINE
Abstract
Game engine unity merupakan suatu aplikasi pengembangan yang tidak hanya dapat digunakan untuk mengembangkan game saja, melainkan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan aplikasi yang digunkan sebagai media edukasi interaktif pada multiplatform. Mengingat pemanfaatan game engine yang cukup luas diberbagai bidang, maka dirasa perlu dilakukan untuk memproduksi aplikasi edukasi multimedia, yang bertujuan memperagakan gerakan sholat lima waktu sebagai sarana visual untuk melihat model peraga dalam bentuk 3D yang bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Tahap produksi game terbagi menjadi beberapa proses tahapan yang dilalui, beberapa diantaranya adalah tahap Pre-Produksi dengan proses modeling karakter. Tahap modeling merupakan unsur penting dalam proses produksi game. Penggunaan karakter 3D sebagai tampilan visual peraga yang dapat dirotasi hingga 360 derajat, bermanfaat untuk melihat gerakan dari sudut yang ingin dilihat oleh pengguna.
- Hak publikasi prosiding menjadi milik penyelenggara kegiatan dengan sepengetahuan penulis, sedangkan hak moral publikasi menjadi milik penulis.
- Aspek legal formal terhadap aksesibilitas publikasi ini dapat dimanfaatkan dengan tujuan non-komersial dan dalam bentuk aslinya (tidak dapat dimodifikasi).
- Setiap makalah prosiding (elektronik) bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penyelenggara kegiatan tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pihak tertentu.