ANALISA PENGARUH GOOGLE APPS FOR EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP DI KOTA BATAM

  • Nopriadi Nopriadi

Abstract

Tujuan jangka panjang dari penelitian ini yaitu ingin memberikan masukan yang bermanfaat tentang  pengaruh penggunaan google apps for education terhadap hasil belajar siswa SMP di kota Batam dan SMP sederajat pada umumnya. Target khusus yang ingin dicapai adalah memberikan masukan yang komprehensif bagi guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah sehingga dapat memberikan dampak yang positif terhadap keberhasilan siswa. Metode yang akan dipakai adalah: Pertama adalah menetapkan judul yang akan diteliti, sehingga dapat diketahui apa yang akan diteliti  dan  yang  menjadi  masalah  dalam  penelitian; Kedua, merumuskan  masalah  yang  akan  diteliti  dalam  penelitian  ini dan perancangan hipotesis atau dugaan sementara; Ketiga, memilih  serta  memberi  pengukuran  variabel; Keempat, skala pengukuran dalam penelitian ini yaitu  menggunakan skala Likert; Kelima, memilih  prosedur  dan  teknik  yang  digunakan. Tahapannya adalah: (1) Menentukan  populasi dan sampel. Populasinya adalah siswa SMP yang ada di kota Batam   tahun 2015 - 2016, (2)  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  kuesioner, wawancara dan studi kepustakaan, (3) Menentukan serangkaian analisis data dan pengujian; (4) Menggunakan analisis deskriptif; (5) Melakukan pengujian (6) Kesimpulan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan google apps for education terhadap hasil belajar siswa SMP di kota Batam.

Published
2017-09-04
How to Cite
NOPRIADI, Nopriadi. ANALISA PENGARUH GOOGLE APPS FOR EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP DI KOTA BATAM. Jurnal Processor, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 720-730, sep. 2017. ISSN 2528-0082. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/125>. Date accessed: 25 sep. 2020.
Section
Articles