Analisis Rasio Pada Akun Youtube Untuk Penelitian Kualitatif Menggunakan Metode Ekploratif

  • I Putu Hendika Permana STMIK STIKOM INDONESIA

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah berkembang dengan pesat, hal ini membuat semakin banyak jenis aplikasi sosial media yang muncul dengan fitur dan fungsi yang berbeda-beda.  Salah satu aplikasi sosial media yang sering digunakan dan memiliki pengaruh besar adalah YouTube. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan rasio-rasio yang terdapat pada akun YouTube. Rasio-rasio ini yang nantinya akan digunakan untuk mengukur performa sebuah akun secara matematis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode ekploratif untuk menemukan variabel-variabel yang terdapat pada akun YouTube. Variabel tersebut yang nantinya akan dibandingkan dan disandingkan untuk diuji relevansinya sehingga menjadi rasio yang relevan. Rasio yang relevan akan digunakan untuk menilai performa setiap akun yang ada pada sosial media YouTube. Hasil dari penelitian sosial media youtube ini menunjukan bahwa terdapat 6 variabel, variabel tersebut diantaranya yaitu post, subscriber, likes, dislikes, viewers, comments. Keenam variabel tersebut yang nantinya akan dibandingkan dan disandingkan sehingga menemukan 10 rasio yang relevan. Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu kedepannya dapat menilai, mengukur serta membandingkan kredebilitas dari setiap akun youtube dengan mudah menggunakan 10 rasio yang telah ditemukan.

References

1. D. Setiawan, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya,” J. SIMBOLIKA Res. Learn. Commun. Study, vol. 4, no. 1, p. 62, 2018, doi: 10.31289/simbollika.v4i1.1474.
2. S. Anshor, “‘Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya’ Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran,” J. Ilmu Pendidik. PKn dan Sos. Budaya, vol. 9924, pp. 88–100, 2018.
3. G. Lingga, A. Kusuma, P. Sekolah, and T. Desain Bali, “Pemanfaatan Animasi Promosi Dalam Media Youtube,” Feb. 2019. Accessed: Jan. 27, 2021. [Online]. Available: https://cashbac.com.
4. R. F. Nanuru, “YOUTUBE: Seni Berwawasan Teknologi Modern,” 2017, doi: 10.31219/osf.io/3vshc.
5. A. Muhsin and R. Muflih, “Proses Komunikasi Siber Dalam Menyampaikan Informasi Otomotif Di Youtube Channel Otodriver,” Jun. 2020. Accessed: Jan. 27, 2021. [Online]. Available: www.carreview.id,.
6. K. D. B. Mangole, M. Himpong, and E. R. Kalesaran, “Pemanfaatan Youtube Dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Di Desa Paslaten Kecamatan Remboken Minahasa,” J. Acta Diurna, vol. 6, no. 4, pp. 1–15, 2017.
7. B. Mudjiyanto, “Tipe Penelitian Eksploratif Komunikasi,” J. Stud. Komun. dan Media, vol. 22, no. 1, p. 65, Jun. 2018, doi: 10.31445/jskm.2018.220105.
8. R. N. Fathiyyah and N. Rina, “Pengaruh Kredibilitas Youtuber Terhadap Sikap Penonton Pada Channel Youtube Atta Halilintar,” vol. 15, no. 2, pp. 98–118, 2019.
9. N. Mukaida, S. Sasaki, and T. Baba, “Id: 33,” Cytokine, vol. 76, no. 1, p. 70, 2015, doi: 10.1016/j.cyto.2015.08.063.
10. F. Masykur and F. Prasetiyowati, “Perancangan Aplikasi Rumah Pintar,” SiTekin, vol. 14, no. 1, pp. 93–100, 2016.
11. B. Hanggara, “Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Ritel Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia,” Feb. 2020.
12. V. Leonie and J. J. Pangaribuan, “Prediksi Video Performance Akun Youtube Buzzfeed Menggunakan Metode Naïve Bayes,” vol. 5, no. April, 2020.
13. https://www.youtube.com/user/kidrauhl, [Jan. 28, 2021].
14. https://youtu.be/VLa39MqhUV8, [Jan. 28, 2021].
Published
2021-04-28
How to Cite
HENDIKA PERMANA, I Putu. Analisis Rasio Pada Akun Youtube Untuk Penelitian Kualitatif Menggunakan Metode Ekploratif. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 40-48, apr. 2021. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/970>. Date accessed: 05 aug. 2021. doi: https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2021.15.1.970.