Penerapan Algoritma Fp-Growth Dalam Menentukan Perilaku Konsumen Ghania Mart Muara Bulian

  • Azwar Anas STIE-GK Muara Bulian

Abstract

Ghania Mart merupakan salah satu minimarket yang beroperasi di Muara Bulian, tepatnya di Jl. Prof. Dr. Sri Sudewi atau depan Rumah Sakit Umum Daerah Haji Abdoel Madjid Batoe Muara Bulian. Minimarket ini tergolong masih baru karena beroperasi sejak tahun 2020. Meskipun baru, minimarket ini cukup ramai dikunjungi oleh konsumen yang berbelanja, hal ini dikarenakan pemilihan lokasi yang tepat dari manajemen Ghania Mart. Produk yang tersedia di Ghania Mart lebih didominasi oleh kebutuhan bahan pokok seperti beras, minyak sayur, gula, garam dan lainnya. Selain itu juga tersedia produk lain seperti makanan instan dan minuman instan dengan berbagai merk dan variasi rasa. Ghania Mart beroperasi mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 21.00 WIB. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian labor. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik pengayaan data mining. Adapun algoritma yang penulis gunakan dalam penambagnan data ini adalah Algoritma FP-Growth. Sedangkan software  yang digunakan adalah Weka Data Mining. Hasil penelitian ini membuktian algoritma FP-Growth memiliki kecepatan dalam pemrosesan data yang terbantu dari pembentukan FP-Tree. Pengujian menggunakan software data mining Weka didapatkan 4 rule terbaik. Kombinasi Masker dan Kopi memiliki support 10% dan confidence mencapai 93%.

References

1. A. Anas, “Implementasi Algoritma FP-Growth Untuk Menentukan Strategi Promosi STIE-Graha Karya Muara Bulian,” J. Ilm. MEDIA SISFO, vol. 14, no. 1, pp. 64–70, 2020.
2. F. Fitriyani, “Implementasi Algoritma Fp-Growth Menggunakan Association Rule Pada Market Basket Analysis,” J. Inform., vol. 2, no. 1, 2016.
3. C. E. Firman, “Penentuan Pola Yang Sering Muncul Untuk Penjualan Pupuk Menggunakan Algoritma Fp-Growth,” I N F O R M a T I K a, vol. 9, no. 2, p. 1, 2019.
4. F. Nirma, S. Damanik, A. Sagita, and A. Syaputra, “Aplikasi Pengenalan Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Kombinasi Algoritma FP-Growth Dan ECLAT,” J. SIFO Mikroskil, vol. 19, no. 2, pp. 1–12, 2018.
5. A. Junaidi, “Implementasi Algoritma FP-Growth dan FP-Growth Untuk Menentukan Persediaan Barang,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 8, no. 1, pp. 61–67, 2019.
6. A. Maulana and A. A. Fajrin, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor,” Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, p. 27, 2018.
7. Ikhwan, “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Fp-Growth untuk Mendukung Strategi Promosi Pendidikan ( Studi Kasus Kampus STMIK Triguna Dharma ),” Saintikom, vol. 14, no. 3, pp. 211–226, 2015.
8. R. Fitria, W. Nengsih, and D. H. Qudsi, “Implementasi Algoritma FP-Growth Dalam Penentuan Pola Hubungan Kecelakaan Lalu Lintas,” J. Sist. Inf., vol. 13, no. 2, p. 118, 2017.
9. B. S. Hasugian, “Penerapan Metode Association Rule Untuk Menganalisa Pola Pemakaian Bahan Kimia Di Laboratorium Menggunakan Algoritma FP-Growth ( Studi Kasus di Laboratorium Kimia PT . PLN ( Persero ) Sektor Pembangkitan Belawan Medan ) Buyung Solihin Hasugian Universitas,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 6341, no. November, pp. 56–69, 2019.
10. Ririanti, “Implementasi Algoritma Fp-Growth Pada Aplikasi Prediksi Persediaan Sepeda Motor (Studi Kasus PT . Pilar Deli Labumas),” Pelia Inform. Budi Darma, vol. VI, no. 1, pp. 139–144, 2014.
Published
2020-10-31
How to Cite
ANAS, Azwar. Penerapan Algoritma Fp-Growth Dalam Menentukan Perilaku Konsumen Ghania Mart Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 120-129, oct. 2020. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/879>. Date accessed: 29 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2020.14.2.879.