Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Strategi Promosi STIE-Graha Karya Muara Bulian

  • Azwar Anas STIE-GK Muara Bulian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan algoritma apriori untuk mendapatkan gambaran terhadap data mahasiswa baru STIE-GK Muara Bulian. Penulis menggunakan algoritma apriori untuk menganalisis data mahasiswa baru STIE-GK Muara Bulian tahun akademik 2018/2019. Algoritma apriori dipilih karena kemampuannya dalam menganalisis data yang muncul secara bersamaan dan berulang dan data yang telah menumpuk lama, sehingga perlu kiranya digunakan penambangan data, untuk mendapatkan pengetahuan. Data yang penulis gunakan adalah data mahasiswa baru STIE-GK Muara Bulian secara random sebanyak 100 orang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah dengan menghitung data menggunakan algoritma apriori kemudian dilakukan uji coba terhadap software data mining Weka. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan, secara parsial Variabel SMK dan jurusan TKJ adalah penyumbang mahasiswa baru terbanyak dengan tingkat confidence mencapai 13%. Variabel SMK dan jurusan ADM adalah penyumbang mahasiswa baru terbanyak kedua dengan tingkat confidence mencapai 10%. Program studi manajemen berasal dari jurusan TKJ dengan tingkat confidence mencapai 7%. Progam studi akuntansi berasal dari jurusan TKJ dengan tingkat confidence mencapai 5%. Maka strategi yang digunakan untuk promosi mahasiswa baru tahun berikutnya adalah dengan meningkatkan intensitas di sekolah SMK pada jurusan TKJ.
Kata kunci: algoritma, apriori, data mining, promosi.

References

1. Anas A, Darma B. Analisis Dosen Favorit STIE-GK Muara Bulian Menggunakan Algoritma Apriori. 2019;13(2).
2. Anas A. Algorithm Apriori Use for a Consumer Behavior in. Sains dan Inform. 2015;1:45-59.
3. Pane DK. Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritma Apriori ( Studi Kasus : Kreditplus ). Pelita Inform Budi Darma. 2013;valume : I:25-29. doi:2301-9425
4. Sugianti D. Peminjaman Buku Di Perpustakaan Stmik Widya Pratama. 2015;(1):22-28.
5. Yanto R, Khoiriah R. Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Creat Inf Technol J. 2015;2(2):102. doi:10.24076/citec.2015v2i2.41
6. Anas A, Darma B. ALGORITMA ASOSIASI UNTUK MENDAPATKAN POLA MATA KULIAH PILIHAN STIE-GK MUARA BULIAN. 2019;6(1):1-12.
7. Wardah Z. Implementasi Data Mining Pada Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : PT. Pesona Ceria Travel). 2017;2(2):31-39.
8. Tampubolon K, Saragih H, Reza B, Epicentrum K, Asosiasi A, Apriori A. Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan. 2013:93-106.
9. Wandi N, Hendrawan RA, Mukhlason A. Pengembangan Sistem Rekomendasi Penelusuran Buku dengan Penggalian Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori. J Tek ITS. 2012;1:1-5.
10. Aline Embun Pramadhani TS. PENERAPAN DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI PREDIKSI PENYAKIT ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) DENGAN ALGORITMA DECISION TREE (ID3). J Sarj Tek Inform Vol. 2014;2.
Published
2020-04-30
How to Cite
ANAS, Azwar. Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Strategi Promosi STIE-Graha Karya Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 64-70, apr. 2020. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/790>. Date accessed: 03 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2020.14.1.790.