Perancangan Aplikasi Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan Pada Pondok Pesantren Terpadu Al- Istiqomah

  • rifa nurafifah syabaniah Universitas Bsi
  • Andi Riyanto Universitas BSI
  • Hilma Robiatul Adawiyah Universitas BSI
  • Nuryanti Nuryanti Universitas BSI

Abstract

Sistem informasi pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) merupakan pembayaran atau iuran setiap bulannya dari siswa di sekolah. Pembayaran SPP diambil berdasarkan kesepakatan hasil rapat antara pihak sekolah dan orang tua wali siswa. PPT Al Istiqomah merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan dengan memadukan pesantren modern dan sekolah. Saat ini pengelolaan data dan pembayaran SPP PPT Al Istiqomah belum tersistem dengan baik, sehingga menimbulkan masalah dalam proses transaksi pembayaran SPP dan pencatatan laporan penerimaan pembayaran SPP yang membutuhkan waktu cukup lama. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pembayaran SPP yang dapat digunakan lembaga/yayasan untuk permasalahan yang dihadapi sehingga memudahkan dalam proses administrasi pembayaran SPP serta meminimalkan terjadinya kesalahan dalam transaksi dan pencatatan laporan penerimaan pembayaran SPP

References

1. M. Hariyanto, “Sistem Informasi Pembayaran Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) Pada SMK Periwatas Tasikmalaya,” in SNIPTEK, 2015, pp. 137–140.
2. M. Muslihudin and Helmiyanto, “Aplikasi Pembayaran SPP Berbasis Android Di Madrasah Aliyah Walisongo Lampung Tengah,” J. Sist. Inf. Manaj. Basis Data, vol. 3, no. 1, pp. 68–80, 2020.
3. R. Taufiq, D. A. Magfiroh, D. Yusuf, and Yulianti, “Analisis dan Desain Sistem Informasi Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) di SMK Avicena Rajeg,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 3, no. 1, pp. 15–21, 2020.
4. A. Rochman, A. Sidik, and N. Nazahah, “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web Di SMK Al-Amanah,” J. SISFOTEK Glob., vol. 51–56, no. 8, p. 1, 2018.
5. D. Oscar, Y. I. Maulana, A. Haidir, and A. G. Alhaq, “Sistem Informasi SPP & Pembayaran Sekolah Berbasis Web Pada Mts Al–Ihsan Pondok Gede Bekasi,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 8, no. 2, pp. 1–5, 2019.
6. G. D. Harta, I. P. Julianto, and M. A. Wahyuni, “Analisis Penerapan Sistem Pembayaran SPP Melalui Aplikasi Pembayaran SPP Terkomputerisasi Pada SMA Negeri 4 Singaraja,” JIMAT (Jurnal Ilm. Mhs. Akuntansi), vol. 9, no. 3, pp. 203–215, 2018.
7. S. Hasan and N. Muhammad, “Sistem Informasi Pembayaran Biaya Studi Berbasis Web Pada Politeknik Sains Dan Teknologi Wiratama Maluku Utara,” IJIS-Indonesian J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, 2020.
8. D. S. Ramdan and S. A. B. Putra, “Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Data UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Berbasis Web Di Politeknik TEDC Bandung,” J. TEDC, vol. 99–103, no. 14, p. 1, 2020.
9. I. Sutoyo, “Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Terpadu Menggunakan Model Prototipe,” INTI Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, pp. 145–152, 2020.
10. Y. Heriyanto and N. Oktavianis, “Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Pada SMK Negeri 04 Pekanbaru Berbasis Dekstop,” J. Intra-Tech, vol. 3, no. 1, pp. 10–15, 2019.
11. F. A. Nusantara, D. D. S. Fatimah, and S. Rahayu, “Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Sumbangan Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Darussalam Tarogong Kaler,” J. Algoritma., vol. 16, no. 02, pp. 270–277, 2019.
12. H. Santono and E. Sediyono, “Implementasi Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Web, Barcode, dan SMS Gateway,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2019, pp. 255–260.
13. S. Wahyudi, “Pengembangan Sistem Informasi Klinik Berbasis Web,” Riau J. Comput. Sci., vol. 6, no. 1, pp. 50–58, 2020.
Published
2020-10-31
How to Cite
SYABANIAH, rifa nurafifah et al. Perancangan Aplikasi Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan Pada Pondok Pesantren Terpadu Al- Istiqomah. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 71-82, oct. 2020. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/720>. Date accessed: 29 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2020.14.2.720.