Implementasi Sistem Informasi Manajemen Arsip Di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi

  • Reni Aryani Universitas Jambi
  • Tri Suratno Universitas Jambi
  • Mauladi Mauladi Universitas Jambi
  • Pradita Eko Prasetyo Utomo Universitas Jambi

Abstract

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi sebagai institusi yang bergerak dibidang pendidikan, saat ini telah mengunakan teknologi komputer dalam pengelolaan dokumennya. Akan tetapi teknologi tersebut belum digunakan secara optimal. Hal ini terlihat dari cara penyimpanan arsip dokumen fakultas yang masih dilakukan secara manual oleh staff tenaga kependidikan. Di Fakultas Sains dan Teknologi, dokumen disimpan dalam lemari arsip dan atau di dalam folder komputer yang dipisahkan berdasarkan jenis dokumen. Akibatnya terdapat kendala dalam pengaksesan dokumen, dimana staff tenaga kependidikan harus terlebih dahulu membongkar folder arsip untuk mencari dokumen yang dibutuhkan. Selain itu dokumen arsip berupa kertas menumpuk di ruangan, yang lama kelamaan akan membutuhkan ruang yang banyak. Untuk mengatasi masalah tersebut maka solusi yang dilakukan adalah dengan pengembangan sistem informasi manajemen arsip berbasis web. Sistem informasi manajemen arsip ini dikembangkan dengan menggunakan framework laravel dengan metode pengembangan software development life cycle (SDLC). Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengembangan sistem ini adalah sebuah sistem informasi manajemen arsip Fakultas Sains dan Teknologi yang dapat diakses pada https://arsip.fst.unja.ac.id untuk digunakan secara langsung dalam penyimpanan data atau dokumen, serta dapat meningkatkan efektifitas dalam pengolahan dokumen

References

H. Abi, and B. Hakim, “OMEKA : Aplikasi Pengelola Arsip Digital Dalam Berbagai Format,” Jupiter, vol. XIV, no. 2, pp. 31–37. 2015.

Kurniatun, “Pembinaan Arsip Kerja Sebagai Upaya Penyelamatan Arsip,” Diplomatika, vol. 2, no. 1, pp. 9–22, 2018.

J. Hutahaean, Konsep Sistem Informasi.pdf. Yogyakarta: Deepublish, 2014.

E. Y. A. R. Irviani, Pengantar Sistem Informasi.pdf, Ed. I. Jogyakarta: CV. Andi Offset, 2017.

I. Nuraida, Manajemen Administrasi Perkantoran.pdf. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2008.

Sattar, Manajemen Kearsipan.pdf. Yogyakarta, 2019.

Y. Y. H. A. Prasetyo, Mudah Menguasai Framework Laravel.pdf. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2019.

R. S. Pressman, Software Engineering; A Practitioner’s Approach. McGraw-Hill, 2010.

Dennis. A, Wixom. B. H., Roth. R. M., System Analysis and Design, Fifth Edition, USA, John Wiley & Sons, Inc. 2012.

K. E. Kendall and J. E. Kendall, System Analysis and Design, 8th Editio. United State: Prentice Hall, 2011.
Published
2019-10-31
How to Cite
ARYANI, Reni et al. Implementasi Sistem Informasi Manajemen Arsip Di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 146-159, oct. 2019. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/713>. Date accessed: 17 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2019.13.2.713.