Perancangan Aplikasi Antrian Pada Puskesmas Paal Lima Kota Jambi

  • Jades Purwanto Simarmata Universitas Dinamika Bangsa
  • Akwan Sunoto STIKOM Dinamika Bangsa Jambi
  • Hendrawan Hendrawan Universitas Dinamika Bangsa

Abstract

Proses antrian pasien pada PUSKESMAS Paal Lima Kota Jambi masih dilakukan dengan model konvensional. Dengan Tingkat kunjungan yang cukup tinggi kadangkala pasien sampai menunggu diluar ruang tunggu sehingga ada pasien yang tidak mendengar ketika namanya di panggil sehingga menyebabkan namanya dilewatkan serta tidak mengetahui nomor urutan yang telah dipanggil. Untuk itu perlu dibangun aplikasi antrian agar pelayanan dan kepuasan pasien pada proses antrian dapat ditingkatkan. Perancangan aplikasi ini menggunakan model waterfall dimana dalam model ini dimulai dari tahap analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi dan pengujian unit serta pengujian sistem. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi antrian sehingga dengan adanya aplikasi ini maka permasalahan antrian pada sistem konvensional dapat di atasi sehingga proses antrian berjalan lebih baik.

References

[1] E. W. Fridayanthie, “Sistem Informasi Antrian Konsumen Berbasis Desktop Pada PT Wom Finance Kemayoran Jakarta,” vol. 5, no. 2, pp. 99–103, 2017.
[2] M. S. Maulana, “Pengembangan Dan Implementasi Aplikasi Antrian Loket Pelayanan Masyarakat Menggunakan Metode Multi Chanel-Single Phase (Studi Kasus : Disdukcapil Kabupaten Kubu Raya),” J. Khatulistiwa Inform., vol. 4, no. 1, pp. 75–83, 2016
[3] Suparti and Wulandari, ”Analisis Antrian Service Motor di DealerResmi Yamaha Kondang Simo Dengan Simulasi Arena”. Jurnal Teknik Industri dan Informasi. Vol. 3, no.1, pp.9-18,2014
[4] S. Bahar, M. L. Mananohas, and C. Montolalu, “Model Sistem Antrian dengan Menggunakan Pola Kedatangan dan Pola Pelayanan Pemohon SIM di Satuan Penyelenggaraan Adminstrasi SIM Resort Kepolisian Manado,” d’CARTESIAN, vol. 7, no. 1, p. 15-21, 2018.
[5] E. Widiantono and T. Sukmono, “Analisis Antrian Service Motor di Dealer Resmi Honda,” PROZIMA (Productivity, Optim. Manuf. Syst. Eng., vol. 1, no. 2, p. 99-106, 2018.
[6] N. Laeliyah and H. Subekti, “Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu,” J. Kesehat. Vokasional, vol. 1, no. 2, p. 102-112, 2017.
[7] R. A. Zulfikar and A. A. Supianto, “Rancang Bangun Aplikasi Antrian Poliklinik Berbasis Mobile,” J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komputer., vol. 5, no. 3, pp. 361-370, 2018.
[8] B. W. Nia Puspita Sari, Sugito, “Penerapan Teori Antrian Pada Pelayanan Teller Bank X Kantor Cabang Pembantu Puri Sentra Niaga,” J. Gaussian, vol. 6, no. 1, pp. 81–90, 2016.
[9] D. Nurfitria, N. Nureni, and I. T. Utami, “Analisis Antrian Dengan Model Single Channel Single Phase Service Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (Spbu) I Gusti Ngurahrai Palu,” J. Ilm. Mat. Dan Terap., vol. 12, no. 2, pp. 65–71, 2017.
[10] Saputra Teguh, B. Irawan, and Ilhamsyah, “Aplikasi Antrian Nasabah Bank Menggunakan Teks Dan Suara Berbasis Jaringan Wireless Lokal Area Network (WLAN),” J. Coding Sist. Komput. Univ. Tanjungpura, vol. 02, no. 2, pp. 1–7, 2014.
Published
2020-04-30
How to Cite
SIMARMATA, Jades Purwanto; SUNOTO, Akwan; HENDRAWAN, Hendrawan. Perancangan Aplikasi Antrian Pada Puskesmas Paal Lima Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 14-23, apr. 2020. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/712>. Date accessed: 06 june 2020. doi: https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2020.14.1.712.