Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Mahasiswa dalam menggunakan Go-Food di Kota Jambi

  • Hendri Hendri STIKOM Dinamika Bangsa
  • Mira Saudina Universitas Dinamika Bangsa
  • Effiyaldi Effiyaldi

Abstract

Ada beberapa hal yang mendorong mahasiswa sehingga menggunakan fitur Go-Food antara lain cuaca yang sedang hujan atau panas yang berlebihan, tidak mempunyai kendaraan untuk membeli makanan yang jaraknya jauh dari rumah serta harga yang tertera di restoran pada fitur Go-Food ada yang tidak sesuai dengan harga setelah di pesan. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa di kota Jambi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan dua teori yaitu Technology Acceptance Model dan Teory Of Planned Behavior.sebagai pembantu penelitian aplikasi IBM SPSS statistics V.25.0 digunakan untuk pengolahan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor pengaruh perilaku mahasiswa dalam menggunakan fitur Go-Food di kota Jambi. Penelitian ini menggunakan alat penelitian analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis bahwa dari 6 variabel berupa sikap penggunaan, norma subjektif, kontrol perilaku persepsian, kegunaan, kemudahan penggunaan tidak berpengaruh secara signifikan sedangkan persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap perilaku mahasiswa.

References

[1] J. Susanto, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi Aplikasi GO-JEK Sebagai Penyedia Jasa Transportasi di Surabaya,” vol. 60219, 2016.
[2] A. A. Yusufin, “Transaksi Jual Beli Melalui Jasa Go Food Dalam Perspektif Hukum Islam,” 2018.
[3] H. Al Rasyid, “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek,” J. Ecodemica J. Ekon. Manajemen, dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 210–223, 2017.
[4] E. Hartati and Yulistia, “Analisis Pengguna Layanan Go-Jek Dikota Palembang,” vol. 8, pp. 101–106, 2017.
[5] Jogiyanto and W. Abdillah, Sistem Tatakelola Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi, 2011.
[6] R. R. F. Mu’izz, “Kualitas Aplikasi Mobile Go Jek Di Kalangan Masyarakat Kota Surabaya ( Study Deskriptif Kualitas dan Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi Aplikasi Go Jek ),” 2016.
[7] M. Nuruddin, “Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Pemesanan Makanan Melalui Jasa Online Go - F Jek Oo D Pada Aplikasi Go - Di Kota Surabaya,” 2018.
[8] R. Tumuwe, M. Damis, and T. Mulianti, “Pengguna Ojek Online Di Kalangan Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Manado,” no. 21, 2018.
[9] H. Firdaus, “Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Go-Jek Pada Masyarakat Kepahlawanan Kota Palembang,” 2017.
[10] J. F. Alkhair, “Determinan Perilaku Masyarakat Menggunakan Go-Food Perspektif Ekonomi Islam Di Kelurahan Sindhoarjo Daerah Istimewa Yogyakarta,” 2018.
[11] R. Setyaningsih, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Go-Food (Studi Kasus Pada Mahasiswa UII),” 2018.
[12] I. Mahendra and N. Septiany, “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Penggunaan Aplikasi Grab ( Studi Kasus : Mahasiswa Stmik Nusa Mandiri Jakarta ),” vol. 4, no. 1, pp. 9–16, 2018.
[13] A. Zahra, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Pelanggan Go-Jek Di KotaYogyakarta),” 2017.
Published
2020-04-30
How to Cite
HENDRI, Hendri; SAUDINA, Mira; EFFIYALDI, Effiyaldi. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Mahasiswa dalam menggunakan Go-Food di Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 1-13, apr. 2020. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/707>. Date accessed: 03 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2020.14.1.707.