Komparasi Metode Profile Matching Dengan Fuzzy Profile Matching Pada Pemilihan Wakil Kepala Sekolah

  • Arry Verdian Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Agus Wantoro Universitas Teknokrat Indonesia

Abstract

Wakil Kepala Sekolah yang memiliki kapabilitas dan profesional yang tinggi sangat ditentukan oleh berbagai faktor, diantaranya faktor akademis, kepribadian, pengalaman, kreatifitas, inovatif dan kecenderungan untuk selalu mencapai prestasi secara maksimal dengan dukungan dari berbagai unsur di lingkungan belajar itu sendiri. Penilaian kepada calon wakil kepala sekolah dilakukan oleh guru dan staff dengan cara voting. Menggunakan cara seperti ini dirasa kurang tepat karna guru dan staff hanya melakukan pemilihan tanpa melakukan pehitungan. Pada periode berikutnya pihak sekolah mengganti cara voting dengan melakukan pengujian dan penilaian oleh panitia kepada calon wakil kepala sekolah. Hasil pengujian selanjutnya akan dihitung menggunakan metode perkalian bobot kepentingan dari setiap kriteria. Hasil perhitungan dari metode perkalian bobot inilah yang akan dibandingkan dengan perhitungan menggunakan metode Profile Matching dan Fuzzy Profile Matching. Hasil perhitungan menggunakan metode Profile Matching akan dibandingkan (comparation) dengan metode Fuzzy Profile Matching dengan data center dari hasil perhitungan standar dengan perkalian bobot dan nilai kriteria. Perbandingan ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan Logika Fuzzy pada metode Profile Matching mampu memberikan nilai kedekatan yang lebih baik dari metode Profile Matching standar. Hasil perangkingan menunjukan hasil yang sama antara perhitungan terbobot dengan Fuzzy-Profile Matching, sehingga penerapan Logika Fuzzy pada metode Profile Matching mampu memberikan tingkat akurasi yang lebih baik, sehingga dapat diterapkan oleh pihak sekolah dalam menentukan wakil kepala sekolah.

References

T. G. S. Persada, Pedoman Pemilihan Wakil Kepala Sekolah SMK Persada Bandar Lampung Tahun 2018, Kedua., no. 8. Bandar Lampung: SMK Persadar Bandar Lampung, 2018.

A. Suhartanto, Kusrini, and Henderi “Decision Support System Untuk Penilaian Kinerja Guru Dengan Metode Profile Matching,” J. Komput. Terap., vol. 2, no. 2, pp. 149–158, 2016.

E. Faizal, “Implementasi Metode Profile matching untuk Penentuan Penerimaan Usulan Penelitian Internal Dosen STMIK El Rahma,” J. Speed – Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 6, no. 1, pp. 60–65, 2014.

L. A. Zadeh and S. Jose, “The Concept of a Linguistic Variable II,” Electr. Eng., vol. 357, pp. 301–357, 1975.

S. Kusumadewi, and H. Purnomo, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan, vol. kedua. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

G. M. Foody and D. P. Cox, “International Journal of Remote Sensing Sub-pixel land cover composition estimation using a linear mixture model and fuzzy membership functions,” Int. J. Remote Sens., vol. 15, no. 3, pp. 619–631, 1994.

S. Afroz, “Phishzoo: An automated web phishing detection approach based on profiling and fuzzy matching,” 2009.

T. Susilowati, E. Y. Anggraeni, Fauzi, W. Andewi, Y. Handayani, and A. Maseleno, “Using Profile Matching Method to Employee Position Movement,” Int. J. Pure Appl. Math., vol. 118, no. 7 Special Issue, 2018.

R. N. Hartono, M. R. Widyanto, and N. Soedarsono, “Fuzzy logic system for DNA profile matching with embedded ethnic inference,” Proc. - 2010 2nd Int. Conf. Adv. Comput. Control Telecommun. Technol. ACT 2010, pp. 69–73, 2010.

D. Kurniawati, “Komparasi Hasil Antara Model Profile Matching Dan Model Profile Matching Menggunaan Fuzzifikasi sebagai Sebuah Tinjauan,” J. Teknol. Inf., vol. 10, p. 13, 2015.
Published
2019-10-31
How to Cite
VERDIAN, Arry; WANTORO, Agus. Komparasi Metode Profile Matching Dengan Fuzzy Profile Matching Pada Pemilihan Wakil Kepala Sekolah. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 97-105, oct. 2019. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/652>. Date accessed: 17 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2019.13.2.652.