Analisis Dosen Favorit STIE-GK Muara Bulian Menggunakan Algoritma Apriori

  • Azwar Anas STIE-GK Muara Bulian
  • Budi Darma STIE-GK Muara Bulian

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan algoritma apriori untuk menganalisis indikator dosen favorit pilihan mahasiswa STIE-GK Muara Bulian. Algoritma apriori dipilih karena kemampuannya dalam menganalisis data yang muncul secara bersamaan dan berulang dan data yang telah menumpuk lama, sehingga perlu kiranya digunakan penambangan data, untuk mendapatkan pengetahuan. Data yang penulis gunakan adalah pilihan indikator dosen favorit STIE-GK Muara Bulian secara random sebanyak 100. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah dengan menghitung data secara manual kemudian dilakukan uji coba terhadap software data mining Weka. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan, secara parsial indikator Pendiam memiliki nilai tertinggi yakni 46% sedangkan indikator terrendah adalah Rapi yakni 63%. Sedangkan rule yang terbentuk berdasarkan minimum support dan minimum confidence adalah 3 rule yaitu “Jika mahasiswa tidak  memilih indikator Pintar, Menarik, Disiplin, Humoris, maka tidak memilih Rapi” dengan nilai confidence 92%, “Jika mahasiswa memilih indikator Rapi, Menarik dan tidak memilih indikator Disiplin, Humors, maka tidak memilih Pintar” dengan nilai confidence 91% dan “Jika mahasiswa tidak memilih indikator Pintar, memilih indikator Rapi, tidak memilih indikator Disiplin, Humors, maka memilih indikator Menarik” dengan confidence 91%.

References

D. Sugianti, Peminjaman Buku Di Perpustakaan Stmik Widya Pratama. (1), 22–28, 2015.

W. Choiriah, Penggunaan Algorithma Apriori Data Mining Untuk Mengetahui Tingkat kesetiaan Konsumen ( Brand Loyality ) Terhadap Merek Kenderaan Bermotor (Studi Kasus Dealer Honda Rumbai). Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, Volume 7, Nomor 1 , Februari 2016: 44-52, 2016.

K. Tampubolon, H. Saragih, B. Reza, Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan. Jurnal Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), Vol 1, No. 1, hal. 93–106, 2013

A. Maulana, and A. A. Fajrin, Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor. Klik - Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 5(1), 27. https://doi.org/10.20527/klik.v5i1.100. 2018

Widodo, Prediksi Mata Kuliah Pilihan dengan Aturan Asosiasi. Science, 2008, 21–23, 2008.

A. E. Pramadhani and T. Setiadi, Penerapan Data Mining Untuk Klasifikasi Prediksi Penyakit Ispa (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) Dengan Algoritma Decision Tree (Id3). Jurnal Sarjana Teknik Informatika Volume, 2 No. 1, 2014.

Erwin, Analisis Market Basket Dengan Algoritma. Jurnal Generic, 4, 26–30., 2009.

N. Wandi, R. A. Hendrawan and A. Mukhlason, Pengembangan Sistem Rekomendasi Penelusuran Buku dengan Penggalian Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Teknik ITS, 1, 1–5. 2012.

Azwar, A. (2015). Algorithm Apriori Use for a Consumer Behavior in. Sains Dan Informatika, 1, 45–59.

R. Yanto, and R. Khoiriah, Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Creative Information Technology Journal, 2(2), 102. https://doi.org/10.24076/citec.2015v2i2.41. 2015.
Published
2019-10-31
How to Cite
ANAS, Azwar; DARMA, Budi. Analisis Dosen Favorit STIE-GK Muara Bulian Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 137-145, oct. 2019. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/609>. Date accessed: 17 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2019.13.2.609.