Perancangan Prototype Aplikasi Pengelolaan Inventaris Barang

  • Martono Martono STIKOM Dinamika Bangsa Jambi

Abstract

Penggunaan aplikasi untuk mempermudah pekerjaan manusia sudah menjadi hal yang tidak dapat dihindarkan. Hampir seluruh aspek dari bidang usaha apapun mulai menggunakan aplikasi untuk mempermudah pekerjaan manusia. Salah satu contohnya adalah pemanfaatan aplikasi untuk membantu dalam pengelolaan stok barang, baik barang baru maupun bekas yang butuh untuk diperbaiki. Penelitian ini awali dengan melakukan identifikasi terhadap permasalahan yang ada terkait dengan pengelolaan inventaris barang hingga akhirnya melakukan perancangan terhadap prototype dari aplikasi pengelolaan inventaris barang yang merupakan solusi dari permasalahan yang terdapat pada tahap identifikasi masalah. Adapun permodelan dari aplikasi pengelolaan inventaris barang yang dibangun pada penelitian ini akan digambarkan dengan menggunakan permodelan Use Case Diagram. Aplikasi pengelolaan inventaris barang yang dibuat pada penelitian ini merupakan aplikasi yang memanfaatkan media elektronik sebagai sarana untuk memproses seluruh transaksi yang berhubungan dengan pengelolaan barang, mulai dari pengkategorian jenis barang, pembelian dan penjualan barang hingga laporan vendor, stok barang dan barang yang diperbaiki. Adapun pengguna yang menggunakan aplikasi ini dibagi menjadi dua tingkatan yaitu level administrator dan level operator

References

Adelia Siti Rukoyah., Gunawan Abidillah., Asep Id Hadiana. 2017. Sistem Informasi Inventaris Barang pada RSUD Soerang. Prosiding Snatif ke 4 Tahun 2017. 869-874.
[2] Alan Cohen. Prototype to Product : A Practical Guide for Getting to Market. USA : O’Reilly Media. 2015.
[3] Sean Putman. Using Prototyping in Instructural Design. USA : Learning Technologies. 2014.
[4] Kamran Sharifabadi, dkk. Design, Control, and Application of Modular Multilevel Converters for HVDC Transmission Systems. United Kingdom : Wiley. 2016.
[5] Jeremy Gibson Bond. Introduction to Game Design, Prototyping, and Development : From Concept to Playable Game with Unity and C#. USA : Pearson Education. 2015.
[6] Nadia Firly. Create Your Own Android Application. Jakarta : Elex Media Komputindo. 2018.
[7] Adita Ayu Prawiyanti., Ramadhian Agus Triyono. 2013. Perancangan Sisten Informasi Inventaris. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA. Vol 2 No 1. 43-53.
[8] Wulan Ayogya. Cara Jitu Hitung Modal Usaha. Jakarta : Elex Media Komputindo. 2010.
[9] Stuart G Mccrady. Designing Scada Application Software : A Practical Approach. Canada : Elsevier. 2013.
[10] Kathryn McElroy. Prototyping for Designers: Developing the Best Digital and Physical Products. USA : Oreilly Media.2017.
Published
2018-10-30
How to Cite
MARTONO, Martono. Perancangan Prototype Aplikasi Pengelolaan Inventaris Barang. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 1099-1110, oct. 2018. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/407>. Date accessed: 18 nov. 2018.