Analisis Algoritma Asosiasi Untuk Mendapatkan Pola Pemilihan Judul Skripsi Mahasiswa STIE-GK Muara Bulian

  • azwar anas STIE-GK Muara Bulian
  • Hendri Yaldi STIE-GK Muara Bulian

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan algoritma asosiasi untuk mendapatkan pola pemilihan judul skripsi mahasiswa STIE-GK Muara Bulian. Tugas dari data mining adalah untuk menghasilkan semua kaidah asosiasi pada suatu tabel transaksional, yang mempunyai nilai support lebih dari minimum support. Kaidah tersebut juga harus mempunyai support yang lebih besar dari confidence. Sedangkan untuk melakukan ujicoba algoritmanya, penulis menggunakan software data mining Orange. Hasil akhir dari penelitian ini adalah gambaran pola pemilihan judul yang paling sering muncul secara bersamaan. Berdasarkan pembahasan dalam penelitian ini, nilai support dan confidence dengan acuan 2-itemset yang memiliki nilai tertinggi adalah kombinasi antara Pemasaran dan Keuangan dengan support 14% dan confidence 18%. Sedangkan untuk acuan 3-itemset diperoleh 4 aturan asosiasi yang memenuhi syarat minimum support dan minimum confidence. Diperoleh bahwa semua kombinasi judul Pemasaran, Keuangan dan SDM memiliki nilai tertinggi yaitu support 12% dan confidence 85%

References

[1] Wirdah Choiriah. (2016). Penggunaan Algorithma Apriori Data Mining Untuk Mengetahui Tingkatkesetiaan Konsumen (Brand Loyality) Terhadap Merek Kenderaan Bermotor (Studi Kasus Dealer Honda Rumbai ), X(X), 44–52.
[2] Pane, D. K. (2013). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritma Apriori ( Studi Kasus : Kreditplus ). Pelita Informatika Budi Darma, valume : I, 25–29. https://doi.org/2301-9425
[3] Tampubolon, K., Saragih, H., Reza, B., Epicentrum, K., Asosiasi, A., & Apriori, A. (2013). Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan. Informasi Dan Teknologi Ilmiah, 93–106. https://doi.org/2339-210X
[4] Wandi, N., Hendrawan, R. A., & Mukhlason, A. (2012). Pengembangan Sistem Rekomendasi Penelusuran Buku dengan Penggalian Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Teknik ITS, 1, 1–5.
[5] Widodo. (2008). Prediksi Mata Kuliah Pilihan dengan Aturan Asosiasi. Science, 2008, 21–23.
[6] Emha Taufiq Luthfi. (2009). Penerapan Data Mining Algoritma Asosiasi Untuk Meningkatkan Penjualan. Seminar, 10(1), 1–21.
[7] Erwin (Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, U. S. A. (2009). Analisis Market Basket Dengan Algoritma. Jurnal Generic, 4, 26–30.
[8] Widiati, E., & Evita Dewi, K. (2014). Implementasi Association Rule Terhadap Penyusunan Layout Makanan Dan Penentuan Paket Makanan Hemat Di Rm Roso Echo Dengan Algoritma Apriori. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 96(2), 2089–9033.
[9] Siregar, S. R. (2014). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : Jumbo Travel Medan), 152, 152–156.
[10] Yanto, R., & Khoiriah, R. (2015). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat, 2, 102–113. https://doi.org/2354-5771
Published
2018-10-30
How to Cite
ANAS, azwar; YALDI, Hendri. Analisis Algoritma Asosiasi Untuk Mendapatkan Pola Pemilihan Judul Skripsi Mahasiswa STIE-GK Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 1086-1098, oct. 2018. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/377>. Date accessed: 18 nov. 2018.