ANALISA SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PENERIMA BEASISWA YAYASAN DINAMIKA BANGSA JAMBI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS : STIKOM DINAMIKA BANGSA)

  • Amroni Amroni

Abstract

Yayasan Dinamika Bangsa Jambi yang menaungi Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Dinamika Bangsa selalu memberikan beasiswa kepada mahasiswa STIKOM Dinamika Bangsa Jambi, program beasiswa ini tentu diharapkan agar bisa berjalan setiap tahun. Masalah yang dihadapi oleh tim penyeleksi adalah bagaimana menentukan Mahasiswa berprestasi dari sejumlah alternatif siswa yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga kurang tepat sasaran dalam memberikan nilai yang terbaik untuk dianalisa yang sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan, maka diperlukan kriteria-kriteria untuk menentukan siapa yang akan terpilih untuk menerima beasiswa.Untuk mengatasi ini Penulis menggunakan metode yang terdapat dalam Fuzzy Multi-Atribute Decision Making yaitu Metode Topsis, sedangkan kriteria untuk penerima beasiswa diantaranya adalah nilai IPK, kemampuan orang tua, dan jumlah saudara, yang pada akhirnya menghasilkan suatu penentuan peringkat yang dapat membantu tim penyeleksi dalam Mahasiswa yang berhak memperoleh beasiswa.

Published
2017-12-16
How to Cite
AMRONI, Amroni. ANALISA SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PENERIMA BEASISWA YAYASAN DINAMIKA BANGSA JAMBI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS : STIKOM DINAMIKA BANGSA). JURNAL ILMIAH MEDIA SISFO, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 845-861, dec. 2017. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/241>. Date accessed: 17 july 2018.