ASSESSMENT TINGKAT KAPABILITAS SUMBER DAYA LAYANAN AKADEMIK MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA (FRAMEWORK) COBIT 5 PROCESS ASSESSMENT MODEL (PAM) PADA STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI

  • Hendri Hendri

Abstract

Evaluasi mempunyai tujuan dalam menilai, memonitor, dan memastikan bahwa sumber daya layanan akademik dapat beroperasi secara efektif sesuai dengan tujuan rencana strategis perguruan tinggi.   STIKOM Dinamika Bangsa adalah salah satu perguruan tinggi di kota Jambi yang memiliki yang memiliki keunggulan di bidang ilmu komputer. Evaluasi terhadap pengelolaan sumber daya manusia (SDM) mulai dari pengelolaan kebutuhan dan alokasi sumber daya manusia, rekrutmen, pengawasan dan evaluasi sampai dengan pelaporan kinerja sumber daya manusia,  aktivitas proses yang terjadi adalah penetapan anggaran untuk biaya TI, sistem informasi, pengawasan dan evaluasi pemanfaatan sistem informasi sangat penting dilakukan.  Peneliti melihat adanya kebutuhan yang perlu dilakukan evaluasi terhadap sumber daya layanan akademik menggunakan standar kerangka kerja (framework) COBIT 5 Process Assessment Model. COBIT 5 Process Assessment Model (PAM) merupakan model yang berisi kerangka dasar yang memberikan panduan penilaian dalam mengukur pencapaian kapabilitas proses yang berkaitan dengan TI, dalam hal ini proses pengelolaan sumber daya layanan akademik di STIKOM Dinamika Bangsa. Setelah mendapatkan hasil penilaian pencapaian kapabilitas proses, langkah selanjutnya kita akan bisa merekomendasikan prioritas-prioritas pengembangan proses yang harus dilakukan dan sesuai kebutuhan STIKOM Dinamika Bangsa.

Published
2017-10-31
How to Cite
HENDRI, Hendri. ASSESSMENT TINGKAT KAPABILITAS SUMBER DAYA LAYANAN AKADEMIK MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA (FRAMEWORK) COBIT 5 PROCESS ASSESSMENT MODEL (PAM) PADA STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 602-618, oct. 2017. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/231>. Date accessed: 13 aug. 2020.