PEMODELAN SISTEM INFORMASI PENJAMINAN MUTU KEGIATAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DI LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

  • Desi Kisbianty

Abstract

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) merupakan lembaga yang berfungsi untuk mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan STIKOM Dinamika Bangsa Jambi. LPPM telah melaksanakan setiap kegiatannya dengan sangat baik dan sudah menggunakan sistem informasi. Hanya saja masih memiliki kekurangan dalam hal pengendalian mutu yang merupakan bagian dari penjaminan mutu yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pengabdian pada masyarakat. Hal ini dikarenakan tidak adanya kontrol yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam penjaminan mutu sebagai tolak ukur keberhasilan kegiatan pengabdian pada masyarakat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan sistem informasi penjaminan mutu pada kegiatan pengabdian pada masyarakat. Untuk memodelkan sistem tersebut menggunakan Unified Modeling Language (UML) yakni use case diagram, activity diagram dan class diagram. Penelitian ini menghasilkan suatu pemodelan sistem informasi penjaminan mutu yang digunakan sebagai pedoman dalam membangun sistem informasi penjaminan mutu guna pengontrolan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Dengan adanya sistem penjaminan mutu pada LPPM maka dapat membantu serta memberikan kemudahan bagi pihak LPPM dalam menjalankan sistem penjaminan mutunya.


 


Kata Kunci: Sistem Informasi; Mutu; UML; Sistem Penjaminan Mutu; Pengabdian Kepada Masyarakat

Published
2015-04-03
How to Cite
KISBIANTY, Desi. PEMODELAN SISTEM INFORMASI PENJAMINAN MUTU KEGIATAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DI LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 210-218, apr. 2015. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/161>. Date accessed: 04 july 2022.