Penggalian Kaidah Asosiasi pada Nilai Mahasiswa Universitas Graha Karya Muara Bulian

  • Azwar Anas Universitas Graha Karya Muara Bulian
  • Ade Jermawinsyah Zebua Universitas Graha Karya Muara Bulian
  • Niki Kosasih Universitas Graha Karya

Abstract

Tumpukan data nilai yang terakumulasi dari tahun ke tahun, tidaklah memiliki arti bagi pemilik data maupun pembaca data tersebut. Yang tampak hanyalah bongkahan data tak berarti sama sekali. Tantangan dari tumpukan data tersebut adalah bagaimana cara memanfaatkannya untuk kemudian mendapatkan pengetahuan yang berguna. Penelitian ini bertujuan untuk menggali kaidah asosiasi nilai mahasiswa Universitas Graha Karya Muara Bulian. Program studi yang diteliti adalah Manajemen dengan jumlah mahasiswa yang diteliti 103 orang. Variabel yang diteliti adalah Jenis Kelamin, Kelas yaitu kelas A dan B, alamat yaitu di Muara Bulian atau di luar dan status kelulusan nilai. Metode yang digunakan adalah analisis Algoritma Apriori. Hasil penelitian menunjukkan untuk kombinasi 2-itemsets, terdapat aturan Jika Lulus maka berdomisili di Kota Muara Bulian dengan support 20% dan confidence 28%. Sedangkan mahasiswa yang lulus dan jenis kelamin Perempuan lebih tinggi dibandingkan Laki-laki dengan selisih 10% untuk support dan selisih 31% untuk confidence. Mahasiswa yang lulus dan berasal dari kelas B lebih tinggi daripada kelas A, dengan selisih 9% untuk support dan selisih 18% untuk confidence. Untuk kombinasi 3-itemsets terdapat aturan Jika Lulus dan domisili Muara Bulian maka jenis kelamin Perempuan dengan dukungan 20% dan kepercayaan 100%.

References

[1] A. Anas, Azwar; Jermawinsyah Zebua, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,” J. Ilm. MEDIA SISFO, vol. 16, no. 1, pp. 54–61, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.
[2] A. Junaidi, “Implementasi Algoritma Apriori dan FP-Growth Untuk Menentukan Persediaan Barang,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 8, no. 1, pp. 61–67, 2019, doi: 10.32736/sisfokom.v8i1.604.
[3] A. Maulana and A. A. Fajrin, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor,” Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, p. 27, 2018, doi: 10.20527/klik.v5i1.100.
[4] F. Wang et al., “Association rule mining based quantitative analysis approach of household characteristics impacts on residential electricity consumption patterns,” Energy Convers. Manag., vol. 171, pp. 839–854, 2018, doi: 10.1016/j.enconman.2018.06.017.
[5] F. Nirma, S. Damanik, A. Sagita, and A. Syaputra, “Aplikasi Pengenalan Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Kombinasi Algoritma FP-Growth Dan ECLAT,” J. SIFO Mikroskil, vol. 19, no. 2, pp. 1–12, 2018.
[6] B. S. Hasugian, “Penerapan Metode Association Rule Untuk Menganalisa Pola Pemakaian Bahan Kimia Di Laboratorium Menggunakan Algoritma FP-Growth ( Studi Kasus di Laboratorium Kimia PT . PLN ( Persero ) Sektor Pembangkitan Belawan Medan ) Buyung Solihin Hasugian Universitas,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 6341, no. November, pp. 56–69, 2019.
[7] Z. Wardah, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : PT. Pesona Ceria Travel),” vol. 2, no. 2, pp. 31–39, 2017.
[8] A. Anas and B. Darma, “Algoritma Asosiasi untuk Mendapatkan Pola Mata Kuliah Pilihan STIE-GK Muara Bulian,” J. Edik Inform., vol. 6, no. 1, pp. 1–12, 2019.
[9] W. Choiriah, “Penggunaan Algorithma Apriori Data Mining Untuk Mengetahui Tingkatkesetiaan Konsumen ( Brand Loyality ) Terhadap Merek Kenderaan Bermotor ( Studi Kasus Dealer Honda Rumbai ),” Pengguna. Algoritm. Apriori Data Min. Untuk Mengetahui Tingkat Kesetiaan Konsum. (Brand Loyal. Terhadap Merek Kenderaan Bermotor (Studi Kasus Deal. Honda Rumbai), vol. 7, no. 1, pp. 44–52, 2016.
[10] A. Anas, “Algorithm Apriori Use for a Consumer Behavior in the Purchase of Goods,” Sains dan Inform., vol. 1, pp. 45–59, 2015.
Published
2022-10-31
How to Cite
ANAS, Azwar; ZEBUA, Ade Jermawinsyah; KOSASIH, Niki. Penggalian Kaidah Asosiasi pada Nilai Mahasiswa Universitas Graha Karya Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 128-135, oct. 2022. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/1274>. Date accessed: 31 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2022.16.2.1274.