Implementasi Metode MAUT Dalam Seleksi Calon Marketing Retail dengan menerapkan pembobotan ROC

  • Mei Mariana Boangmanalu Universitas Budi Darma
  • Mesran Mesran Universitas Budi Darma
  • Bister Purba Universitas Budi Darma

Abstract

Marketing Retail merupakan karyawan yang bertanggung jawab untuk menjual produk perusahaan dengan menggunakan berbagai strategi agar produk yang dihasilkan perusahaan dapat bersaing dengan produk lain, dan dapat diterima oleh konsumen, serta produk tersebut dapat dijual dan menguntungkan perusahaan. Permasalahan yang terjadi dalam proses rekrutmen Marketing Retail pada Pasar Swalayan Maju Bersama yang hanya menerapkan proses seleksi dokumen dan wawancara saja, tanpa mengidentifikasi keterampilan karyawan. Kesalahan dalam seleksi marketing retail tentunya akan memiki dampak negatif bagi kinerja perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem pendukung keputusan untuk mengatasi permasalahan dalam menyeleksi calon marketing retail dengan menerapkan Metode MAUT dalam proses pemeringkatan, dan Metode ROC untuk menghasilkan nilai bobot. Dalam menentukan calon Marketing Retail menurut metode yang digunakan terdapat 15 alternatif yang diseleksi, sehingga diperoleh 10 alternatif yang lolos menjadi calon marketing retail dengan nilai perangkingan tertinggi yaitu Friska Larisna (A6) dengan perolehan nilai sebesar 0.575.

References

[1] E. Satria, N. Atina, M. E. Simbolon, and A. P. Windarto, “Spk: Algoritma Multi-Attribute Utility
Theory (Maut) Pada Destinasi Tujuan Wisata Lokal Di Kota Sidamanik,” Comput. Eng. Sci. Syst.
J., vol. 3, no. 2, p. 168, 2018, doi: 10.24114/cess.v3i2.9954.
[2] R. N. Sari and R. S. Hayati, “Penerapan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Dalam
Pemilihan Rumah Kost,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 3, no. 2, p. 243, 2019,
doi: 10.30645/j-sakti.v3i2.144.
[3] I. Fajarwati, N. S. Fitriasari, and H. Siregar, “Perbandingan Metode Weighted Product (WP),
Weighted Sum Model (WSM) Dan Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Dalam Sistem
Pendukung Keputusan Penerimaan Tenaga Kerja,” J. Teor. dan Apl. Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp.
25–32, 2018.
[4] T. Imandasari, A. P. Windarto, and D. Hartama, “Analisis Metode MAUT (Multi-Attribute Utility
Theory) Pada Pemilihan Deodorant,” Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains SAINTEKS 2019, pp.
736–739, 2019, [Online]. Available: https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html.
[5] W. Apriani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pimpinan Dengan Metode Multi Attribute
Utility Theory (MAUT) di PT. Sagami Indonesia,” J. Mantik, vol. 3, no. January, pp. 31–38, 2019.
[6] S. Putra, Rezi Elsya, Jufriadif Na’am, “Jurnal Sains dan Informatika,” J. Sains dan Inform., vol. 4,
no. 1, pp. 9–14, 2018, doi: 10.22216/jsi.v4i1.
[7] J. S. Limbong, Tonni, “Terakreditasi SINTA Peringkat 2 Menentukan Matakuliah yang Efektif
Belajar Daring dengan Metode MAUT,” Masa Berlaku Mulai, vol. 1, no. 3, pp. 370–376, 2019.
[8] A. A. Kusuma, Z. M. Arini, and U. Hasanah, “Analisa Penerapan Metode Multi Attribute Utility
Theory ( MAUT ) dengan Pembobotan Rank Order Centroid ( ROC ) Dalam Pemilihan Lokasi
Strategis Coffeshop Milenial di Era New Normal,” vol. 3, pp. 51–59, 2021, doi:
10.30865/json.v3i2.3575.
[9] T. Mulyani, “Tayangkan Pada Radio Fantasi Fm Menggunakan Metode Multi Attribute Utility
Theory ( MAUT ),” no. x, 2018.
[10] D. Aldo, N. Putra, and Z. Munir, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan
Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory ( MAUT ) Dasril,” J. Sist. Inf. dan Manaj.,
vol. 7, no. 2, 2019.
[11] A. S. Hadi and Ardhi Khairi, “Pemilihan Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Kelompok Ibu Pkk
Desa Gadingharjo,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 127–132, 2020, doi:
10.31849/dinamisia.v4i1.3246.
[12] W. Riyadi and X. Sika, “Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Beasiswa dengan Metode MAUT
(Studi Kasus: STIKOM Dinamika Bangsa Jambi),” J. Process., vol. 13, no. 2, pp. 1247–1259, 2018.
[13] P. Fitriani, “Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Smartphone Android dengan Metode Multi
Attribute Utility Theory (MAUT),” Mantik Penusa, vol. 4, no. 1, pp. 6–11, 2020, [Online].
Available: http://www.e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/711.
[14] A. Yunaldi, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Bantuan Siswa Miskin Menerapkan Kombinasi
Metode SAW dan ROC,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 4, p. 376, 2019, doi:
10.30865/mib.v3i4.1511.
[15] M. Mesran, N. Huda, S. N. Hutagalung, K. Khasanah, and A. Iskandar, “Sistem Pendukung
Keputusan Pemilihan Supervisor Terbaik Pada Bagian Perencanaan Pt. Pln (Persero) Area Medan [1] E. Satria, N. Atina, M. E. Simbolon, and A. P. Windarto, “Spk: Algoritma Multi-Attribute Utility
Theory (Maut) Pada Destinasi Tujuan Wisata Lokal Di Kota Sidamanik,” Comput. Eng. Sci. Syst.
J., vol. 3, no. 2, p. 168, 2018, doi: 10.24114/cess.v3i2.9954.
[2] R. N. Sari and R. S. Hayati, “Penerapan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Dalam
Pemilihan Rumah Kost,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 3, no. 2, p. 243, 2019,
doi: 10.30645/j-sakti.v3i2.144.
[3] I. Fajarwati, N. S. Fitriasari, and H. Siregar, “Perbandingan Metode Weighted Product (WP),
Weighted Sum Model (WSM) Dan Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Dalam Sistem
Pendukung Keputusan Penerimaan Tenaga Kerja,” J. Teor. dan Apl. Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp.
25–32, 2018.
[4] T. Imandasari, A. P. Windarto, and D. Hartama, “Analisis Metode MAUT (Multi-Attribute Utility
Theory) Pada Pemilihan Deodorant,” Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains SAINTEKS 2019, pp.
736–739, 2019, [Online]. Available: https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html.
[5] W. Apriani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pimpinan Dengan Metode Multi Attribute
Utility Theory (MAUT) di PT. Sagami Indonesia,” J. Mantik, vol. 3, no. January, pp. 31–38, 2019.
[6] S. Putra, Rezi Elsya, Jufriadif Na’am, “Jurnal Sains dan Informatika,” J. Sains dan Inform., vol. 4,
no. 1, pp. 9–14, 2018, doi: 10.22216/jsi.v4i1.
[7] J. S. Limbong, Tonni, “Terakreditasi SINTA Peringkat 2 Menentukan Matakuliah yang Efektif
Belajar Daring dengan Metode MAUT,” Masa Berlaku Mulai, vol. 1, no. 3, pp. 370–376, 2019.
[8] A. A. Kusuma, Z. M. Arini, and U. Hasanah, “Analisa Penerapan Metode Multi Attribute Utility
Theory ( MAUT ) dengan Pembobotan Rank Order Centroid ( ROC ) Dalam Pemilihan Lokasi
Strategis Coffeshop Milenial di Era New Normal,” vol. 3, pp. 51–59, 2021, doi:
10.30865/json.v3i2.3575.
[9] T. Mulyani, “Tayangkan Pada Radio Fantasi Fm Menggunakan Metode Multi Attribute Utility
Theory ( MAUT ),” no. x, 2018.
[10] D. Aldo, N. Putra, and Z. Munir, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan
Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory ( MAUT ) Dasril,” J. Sist. Inf. dan Manaj.,
vol. 7, no. 2, 2019.
[11] A. S. Hadi and Ardhi Khairi, “Pemilihan Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Kelompok Ibu Pkk
Desa Gadingharjo,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 127–132, 2020, doi:
10.31849/dinamisia.v4i1.3246.
[12] W. Riyadi and X. Sika, “Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Beasiswa dengan Metode MAUT
(Studi Kasus: STIKOM Dinamika Bangsa Jambi),” J. Process., vol. 13, no. 2, pp. 1247–1259, 2018.
[13] P. Fitriani, “Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Smartphone Android dengan Metode Multi
Attribute Utility Theory (MAUT),” Mantik Penusa, vol. 4, no. 1, pp. 6–11, 2020, [Online].
Available: http://www.e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/711.
[14] A. Yunaldi, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Bantuan Siswa Miskin Menerapkan Kombinasi
Metode SAW dan ROC,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 4, p. 376, 2019, doi:
10.30865/mib.v3i4.1511.
[15] M. Mesran, N. Huda, S. N. Hutagalung, K. Khasanah, and A. Iskandar, “Sistem Pendukung
Keputusan Pemilihan Supervisor Terbaik Pada Bagian Perencanaan Pt. Pln (Persero) Area Medan Menerapkan Preference Selection Index,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer),
vol. 2, no. 1, pp. 403–409, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.966.
Published
2022-10-29
How to Cite
BOANGMANALU, Mei Mariana; MESRAN, Mesran; PURBA, Bister. Implementasi Metode MAUT Dalam Seleksi Calon Marketing Retail dengan menerapkan pembobotan ROC. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 81-91, oct. 2022. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/1264>. Date accessed: 31 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2022.16.2.1264.