Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Data Mahasiswa Baru STIE-GK Muara Bulian

  • Azwar Anas STIE-GK Muara Bulian
  • Ratumas Hartha Delima STIE-Graha Karya Muara Bulian

Abstract

Data yang menumpuk dari waktu ke waktu, tidak akan memiliki nilai yang berharga jika tidak dilakukan analisis. Untuk menganalisis data historis, maka perlu digunakan metode yang tepat. Penambangan data atau dalam istilah lainnya Data Mining merupakan solusi yang tepat untuk menganalisis data historis tersebut. Tumpukan data tersebutlah yang hendak dianalisis dalam penelitian ini dengan teknik penambangan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pola mahasiswa baru STIE-GK Muara Bulian tahun akademik 2021/2022. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik pengayaan data mining. Adapun algoritma yang penulis gunakan dalam penambangan data ini adalah Algoritma Apriori. Sedangkan software  yang digunakan adalah Weka Data Mining. Pengujian menggunakan software data mining Weka didapatkan 10 rule terbaik. Dengan fokus pada kecamatan asal mahasiswa baru tersebut, maka kombinasi yang didapat adalah Jika mahasiswa baru tidak berasal dari Kecamatan Pemayung dan Bajubang sebanyak 1 orang, maka juga tidak berasal dari Kecamatan Maro Sebo Ulu sebanyak 73 orang dengan tingkat confidence 90%.

References

A. Anas, “Penerapan Algoritma Fp-Growth Dalam Menentukan Perilaku Konsumen Ghania Mart Muara Bulian,” J. Ilm. Media Sisfo, vol. 14, no. 2, p. 120, 2020, doi: 10.33998/mediasisfo.2020.14.2.879.

S. Heni and A. Irham Gufroni, “Penerapan Data Mining Dalam Pengelompokan Penderita Thalassaemia,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 03, no. 02, pp. 299–305, 2017.

E. Widiati and K. Evita Dewi, “Implementasi Association Rule Terhadap Penyusunan Layout Makanan Dan Penentuan Paket Makanan Hemat Di Rm Roso Echo Dengan Algoritma Apriori,” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 96, no. 2, pp. 2089–9033, 2014.

A. Anas and B. Darma, “Analisis Dosen Favorit STIE-GK Muara Bulian Menggunakan Algoritma Apriori,” vol. 13, no. 2, 2019.

K. Tampubolon, H. Saragih, B. Reza, K. Epicentrum, A. Asosiasi, and A. Apriori, “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan,” pp. 93–106, 2013.

W. Choiriah, “Penggunaan Algorithma Apriori Data Mining Untuk Mengetahui Tingkatkesetiaan Konsumen ( Brand Loyality ) Terhadap Merek Kenderaan Bermotor ( Studi Kasus Dealer Honda Rumbai ),” Pengguna. Algoritm. Apriori Data Min. Untuk Mengetahui Tingkat Kesetiaan Konsum. (Brand Loyal. Terhadap Merek Kenderaan Bermotor (Studi Kasus Deal. Honda Rumbai), vol. 7, no. 1, pp. 44–52, 2016.

D. Anggraini, S. A. Putri, and L. A. Utami, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menentukan Penjualan Mobil Yang Paling Diminati Pada Honda Permata Serpong,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 2, p. 302, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i2.1496.

L. Kurniawati, A. E. Kusuma, and B. Dewansyah, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Stok Obat,” vol. 4, no. 1, pp. 6–10, 2019.

D. K. Pane, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritma Apriori ( Studi Kasus : Kreditplus ),” Pelita Inform. Budi Darma, vol. valume : I, pp. 25–29, 2013, doi: 2301-9425.

F. A. K. Wardani and T. Kristiana, “Implementasi Data Mining Penjualan Produk Kosmetik Pada PT. Natural Nusantara Menggunakan Algoritma Apriori,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 22, no. 1, pp. 85–90, 2020, doi: 10.31294/p.v22i1.6520.
Published
2021-10-31
How to Cite
ANAS, Azwar; HARTHA DELIMA, Ratumas. Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Data Mahasiswa Baru STIE-GK Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 119-128, oct. 2021. ISSN 2527-7340. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/1088>. Date accessed: 17 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2021.15.2.1088.