ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN PELANGGAN PDAM TIRTA MAYANG KOTA JAMBI BERBASIS SMS

  • Ikhsanul Poetra stikom
  • Herry Mulyono Stikom

Abstract

Kepuasan pelanggan terhadap pelayanan PDAM Tirta Mayang Kota Jambi berkaitan dengan tingkat kualitas
pelayanan yang diberikan. Penggunaan TI dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan di PDAM Tirta
Mayang Kota Jambi dan dipandang sebagai aset strategis yang turut menentukan strategi bisnis PDAM Tirta
Mayang Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merancang sistem informasi ITSM
pada PDAM Tirta Mayang Kota Jambi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara,
observasi dan dokumentasi, selanjutnya data dan informasi yang diperoleh dianalisis yang menghasilkan
sebuah analisa kondisi sistem yang sedang berjalan. Adapun sistem yang dirancang berupa protitipe yang
rancangannya mengikuti setiap tahapan proses ITIL versi 3 area service operation, yaitu: proses event
management, incident management (incident identification, incident logging, incident categorization,
incident prioritization, initial diagnosis, incident escalation, investigation and diagnosis, resolution and
recovery, incident closure), request fulfillment, problem management, dan access management. Hasil
penelitian ini berupa sebuah rancangan sistem informasi ITSM pada PDAM Tirta Mayang Kota Jambi yang
dirancang berdasarkan framework ITIL versi 3 area service operation

References

1). Alamsyah, Fahrizal; & Community SmitDev. 2009. e-Business Membangun Bisnis
Hosting dan Domain. Jakarta: Elek Media Komputindo.
2). Ali, Hapzi. 2010. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Teknologi Informasi.
Yogyakarta: Hasta Cipta Mandiri.
3). Cartlidge, Alison; Rudd, Colin; Smith, Marco; Wigzel, Paul; Rance, Stuart; Shaw,
Sue; & Wright, Theresa. 2012. An Introductory Overview of ITILĀ® 2011. United
Kingdom: The Stationery Office.
4). Dennis, Alan; Wixom, B. H; & Tegarden, David. 2010. System Analysis and Design
with UML. United States: WILEY.
5). Fatta, H. A. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
6). Fisher, C. A. 2006. Manage Digital Assets with ITIL: Improve Product
Configurations and Service Management. Jurnal of Digital Asset Management,
Volume 2, Nomor 1, Palgrave Macmillan Ltd.
Published
2019-06-24
How to Cite
POETRA, Ikhsanul; MULYONO, Herry. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN PELANGGAN PDAM TIRTA MAYANG KOTA JAMBI BERBASIS SMS. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 92-101, june 2019. ISSN 2548-5873. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/manajemensisteminformasi/article/view/614>. Date accessed: 14 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.33998/jurnalmanajemensisteminformasi.2019.4.2.614.