PENGEMBANGAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PADA IAIN STS JAMBI

  • Iskandar Iskandar stikom
  • Setiawan Assegaff

Abstract

Perkembangan teknologi dalam pembelajaran dewasa ini melalui aplikasi sistem e-learning ini membawa
pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi
(contents) dan sistemnya. Saat ini konsep e-learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia,
terbukti dengan maraknya implementasi e-learning khususnya di lembaga pendidikan (sekolah, training
dan universitas).Sistem elearning berbasis aplikasi Moodle yang dikembangkan di IAIN STS Jambi sudah
sejalan dengan standar Learning Technology System Architecture (LTSA), yaitu sebuah standar
internasional untuk penunjang sistem pembelajaran yang didukung oleh teknologi informasi. Hasil
analisis sistem eleraning yang sedang diimplementasikan IAIN STS Jambi menunujukkan dari fitur-fitur
yang tersedia dalam menujang proses pembelajaran terdapat fitur quiz yang merupakan bagian penting
untuk fitur pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran belum digunakan secara efektif dikarenakan untuk
mengaplikasikan fitur ini sangat komplek melalui settingan yang banyak sehingga dosen merasakan
kesulitan dalam penerapannya, untuk itu perancangan sistem elearning dengan melakukan pengembangan
fitur evaluasi pembelajaran dengan variasi materi dan tipe soal serta penugasan yang variatif dan manarik
dan mudah aplikasikan oleh dosen sebagai soslusi untuk mengefektifkan sistem elearning dalam
pembelajran yang sesuai dengan standar Internasional LTSA.

References

[1] Abrar, A. 2015. Blended Learning, Implementasi E-Learning Di Politeknik Negeri Balikpapan.
Jurnal Sains Terapan, 1(1).
[2] Amiroh. 2012. Membangun E-learning dengan Learning ManagementSystem Moodle. Sidoarjo: PT
Berkah Mandiri Globallindo.
[3] David Thomas Jone. 2011. An Information Systems Design Theory for E-learning. Tesis, Doctor of
Fhilosophy of The Australian National University.
[3] Dennis, Alan; Wixom, Haley Barbara: & M.Roth, Roberta. 2010. Systems Analysis and Design.
Fourth Edition. United States of America : John Wiley & Sons, Inc.
[4] Hadjerrouit, S. 2010. Developing Web-Based Learning Resources in School Education: A UserCentered Approach. [V ersi elektronik]. Interdisciplinary Journal of E-Learning and Learning
Objects, 6, 115- 135.
[5] Herman Dwi Surjono dan Abdul Gafur. 2010. Potensi Pemanfaatan ICT Untuk Peningkatan Mutu
Pembelajaran SMA di Kota Yogyakarta.Makalah Diklat dosen FT dan FISE UNY. Diakses dari
http.herman//.elearning-jogja.org. Agustus 2016.
[7] Horton, W. 2006. E-learning by Design. San Fransisco: Pfeiffer.
[8] http://elearnig.iaianjambi.ac.id. Program Elearning IAIN STS Jambi. Diakses pada tanggal 10 Maret
2016.
[9] http://fathur.dosen.unimus.ac.id/files/2012/01/LTSA.pdf. Diakses tanggal 02 April 2016
[10] Kendall, E. Kenneth; & Kendall, E. Julie. 2011. Systems Analysis and Design. Eighth Edition.
United States of America : Pearson Education Inc
[11] Laudon, Kennet C; Laudon, Jane P. 2012. Management Information Systems, 12th Edition. New
York University: Pearson Education Limited.
[12] Muhammad Yusuf. 2010. Elearning menggunakan Standar Learning Technology System
Architecture (LTSA). Jurnal Ilmiah Simantec Vol. 1, No. 2 Juni 2010.
[13] Mukhtar & Iskandar. 2009. Desain Pembelajran berbasis Teknologi Informasi Komunikasi. Jakarta:
GaungPerssadaPress
[14] Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta.
[15] Moodle. 2009. Moodle Statistics. http:// Moodle .org/stats. Diakases pada tanggal 10 Maret 2016.
[16] Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering : A Practitioner’s Approach. Fifth Edition. New
York : McGraw-Hill.
[17] Ramdhan, I. C. 2011. Pengembangan aplikasi e-learning berbasis moddle (studi) kasus: AMA 2 Mei
Ciputat).
[18] Rusaman, Dkk. 2013. Pembelajaran berbasis Teknologi Innformasi dan Komunikasi. Membangun
Profesionalitas Guru. Jakarta: RajaGrafibdo Perasada.
[19] Ratnasari. 2012. Studi Pengaruh Penerapan E-Learning terhadap keaktifan Mahasiswa dalam
Kegiatan Belajar Mengajar . Studi Kasus Universitas Marcu Buana Jakarta.
http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/2930/2696. Diakases pada tanggal 14 Mei
2016.
Published
2017-12-04
How to Cite
ISKANDAR, Iskandar; ASSEGAFF, Setiawan. PENGEMBANGAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PADA IAIN STS JAMBI. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 751-760, dec. 2017. ISSN 2548-5873. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/manajemensisteminformasi/article/view/495>. Date accessed: 25 oct. 2021.