ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PROMOSI UMKM PADA DISKOPERINDAG KABUPATEN BATANG HARI

  • Mutmainnah Mutmainnah stikom
  • Herry Mulyono stikom

Abstract

Saat ini yang membuat UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sulit untuk berkembang adalah
permasalahan yang terjadi dalam promosi produk, promosi yang dilakukan masih konvensional dengan
mendatangi pasar-pasar dan sampai saat ini DISKOPERINDAG Kabupaten Batang Hari hanya dapat
membantu mempromosikan produk UMKM melalui pameran-pameran yang diadakan oleh berbagai
instansi pemerintah sehingga cakupan promosinya hanya di daerah itu saja. Oleh karena itu penulis
memberikan solusi berupa Sistem Informasi Promosi UKM berbasis website dengan menggunakan Use
Case Diagram, Activity Diagram dan Class Diagram sebagai model perancangan sistem. Untuk
perancangan sistem hanya sebatas prototype. Dimana hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa
Rancangan Sistem Informasi Promosi UMKM pada DISKOPERINDAG Kabupaten Batang Hari yang
dapat diimplementasikan lebih lanjut sehingga menghasilkan sistem informasi promosi UMKM yang
dapat mendukung kegiatan promosi pihak DISKOPERINDAG dan para pelaku UMKM.

References

[1] Pratiwi, G.A & Arifin, Y.T. 2017. Sistem Informasi Promosi Pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan
Menengah Bogor. Prosiding SIMNASIPTEK. ISBN: 978-602-61268-4-9. Bogor : BSI Bogor.
[2] Yuniardi, A.P dkk. 2015. Sistem Informasi Layanan Jasa Promosi Usaha Mikro, Kecil Dan
Menengah Di Kabupaten Kudus Berbasis Web. Prosiding SNATIF Ke -2.. ISBN: 978-602-
1180-21-1. Kudus : Universitas Muria Kudus.
[3] Yusuf, M. 2017. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Promosi Berbasis WEB pada Asosiasi
UMKM Muaro Jambi. Tesis tidak terpublikasi. Jambi : Pasca Sarjana STIKOM Dinamika
Bangsa Jambi.
[4] Alan, Dennis; Wixon, Barbara Heley; & Roth, Roberta M. 2012. System Analysis and Design, 5th
Edition. United State of America : Jhon Wiley & Sons.
[5] Alan, Dennis; Wixon, Barbara Heley; & Tegarden, David. 2013. System Analysis and Design with
Uml, 4th Edition. United State of America : Jhon Wiley & Sons.
[6] Kotler & Keller. 2012. Marketing Management 14th ed. United State of America : Pearson
Education.
[7] Laudon, K. C. & Laudon, J. P. 2012. Sistem Informasi Manajemen (Mengelola Perusahaan Digital)
edisi 10. Adi Nugroho (Penerjemah) Jakarta : Salemba Empat
[8] Laudon, K. C. & Laudon, J. P. 2012. Management Information System (The Digital Firm) Twelfth
Edition. United State of America : Pearson Prentice Hall.
[9] Nugroho, Adi. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan JAVA. Yogyakarta : Andi
[10] Nugroho, Adi. 2011. Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Yogyakarta : Andi
[11] O’Brien & Marakas. 2010. Introduction To Information System. New York : The McGraw-Hill
Companies.
[12] Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Undangundang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Lembaran Negara
Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 20, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia
Nomor 5404)
[13] Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta : ANDI
[14] Rahmana, Arief. 2008. Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Informasi Terdepan tentang Usaha
Kecil Menengah, https://infoukm.wordpress.com/. [Diakses 14 November 2017].
[15] Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak (Software Reengineering). Jakarta :
Prestasi Pustaka
[16] Roberta M.Roth, Alan Dennis, Barbara Haley Wixom. 2013. System Analysis and Design, Fitfth
Edition. United State of America : Jhon Wiley & Sons.
[17] Rosa, A.S dan Shalahuddin, M. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perankat Lunak (Terstruktur
dan Berorientasi Objek). Bandung : MODULA
[18] Sharma, N dkk. 2010. Database Fundamentals. Canada : IBM Corporation.
[19] Stair & Reynolds. 2012. Fundamentals of Information System. Canada : Nelson Education.
[20] Stair & Reynolds. 2012. Information System. Canada : Nelson Education.
[21] Stone & Desmond. 2007. Fundamentals Of Marketing. USA and Canada : Routledge
[22] Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran Edisi -4 . Yogyakarta : ANDI
[23] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Pasal 1.”Usaha mikro kecil menengah”.
Jakarta.
[24] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Pasal 6.”Kriteria usaha”. Jakarta.
Published
2018-11-03
How to Cite
MUTMAINNAH, Mutmainnah; MULYONO, Herry. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PROMOSI UMKM PADA DISKOPERINDAG KABUPATEN BATANG HARI. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1071-1082, nov. 2018. ISSN 2548-5873. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/manajemensisteminformasi/article/view/469>. Date accessed: 25 oct. 2021.