Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Layanan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Petro China Jabung Ltd

  • Dedy Maldiyono stikom
  • Herry Mulyono stikom

Abstract

CSR (Corporate Sosial Responbility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan
sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap sosial atau lingkungan sekitar dimana perusahaan itu
berada. Sedangkan definisi CSR menurut World Business Council on Sustainable Development adalah
komitmen dari bisnis/perusahaan untuk berperilaku etis dan berkontribusi terhadap pembangunan
ekonomi yang berkelanjutan, seraya meningkatkan kualitas hidup karyawan dan keluarganya, komunitas
lokal dan masyarakat luas. Pada Perusahan Petro China Jabung Ltd, kegiatan ini dilakukan dengan cara
bisa dengna cara mengantarkan proposal ke perusahaan, dalam kegiatan ini masyarakat harus sering –
sering berkunjung ke perusahaan untuk mengetahui proposal di setujui atau tidak. Tujuan penelitian ini
adalah menganalisis dan merancang sistem informasi CSR berbasis Website. Penelitia ini menghasilkan
juga protopipe yang di harapkan untuk masyarakat dan perusahaan dapat mempermudah menhasilkan
informasi sebagai soslusi terhadap masalah – masalah yang ada.

References

[1] Adi Nugroho. “Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data”. Yogyakarta : Andi,
2011
[2] Agarwal, B. B. et al. 2010.Software engineering and testing. Jones and Bartlett Publishers,
LLC
[3] Agus Mulyanto. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
[4] Laudon, Kenneth C., & Jane, P. Laudon. (2010). Manajemen Information System :Managing
the Digital Firm. New Jersey: Prentice-Hall
[5] Mardikanto, Totok. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility) (Tanggungjawab Sosial
Korporasi). Bandung: Alfabeta.
[6] McLeod, Raymond, Jr & schell, George P, 2008, Sistem Informasi Manajemen, Edisi 10,
Terjemahan oleh Ali Akbar Yulianto dan Afia R. Fitriati, Salemba Empat, Jakarta
[7] Mulyadi (2003):”Pengelolaaan Corporate Social Responsibility”.Center For Population
Studies, UGM.
[8] O'Brien, James A., Marakas, George M. (2008). Management Information System. 8th
Edition. McGraw Hill, New York
[9] Rahmatullah & Kurniati, Trianita. 2011. Panduan Praktis Pengelolaan CSR. Yogyakarta:
Samudra Biru.
[10] Rosa. A.S., dan Shalahuddin. M, “Rekayasa Perangkat Lunak”, 2nd ed,
Bandung:Informatika, 2014
[11] Stair, M. Ralph, George W. Reynolds. (2010). Principles of Information Systems: A
Managerial Appr oach. (9th edition). Australia : Thomson Course Technology.
[12] Tanari Adrianus. 2009. Materi Training CSR as per ISO 2006. Jakarta: Valueconsult
[13] Y usuf Wibisono, 2007, Membedah Konsep & Aplikasi(CSE),PTGramedia,Jakarta
Published
2018-11-02
How to Cite
MALDIYONO, Dedy; MULYONO, Herry. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Layanan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Petro China Jabung Ltd. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 999-1007, nov. 2018. ISSN 2548-5873. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/manajemensisteminformasi/article/view/448>. Date accessed: 25 oct. 2021.