ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PARIWISATA BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA KABUPATEN TEBO

  • Raysa Puteri Ardhiyani stikom
  • Herry Mulyono stikom

Abstract

Saat ini belum adanya informasi yang cukup memadai tentang objek-objek wisata yang ada di Kabupaten
Tebo sehingga belum banyak wisatawan dan juga masyarakat yang mengetahui objek-objek wisata yang
cukup potensial. Oleh karena itu, hal tersebut perlu diatasi dengan melakukan promosi dan penyediaan
informasi dengan menggunakan media informasi berbasis website. tujuan perancangan sistem
informasi berbasis web ini adalah untuk mempromosikan wisata Kabupaten tebo. Sistem informasi
berbasis web adalah media yang memiliki unsur teks, gambar animasi, dan suara. Unsurunsur tersebut menjadikan media ini menjadi menarik. Metode penelitian yang dilakukan adalah
dengan pengumpulan data melalui studi literatur, wawancara, dan observasi, serta menganalisa
kebutuhan perangkat lunak, membangun database dengan mysql, merancang antar muka
menggunakan Macromedia Dreamweaver dan PHP, melakukan pengujian program sebagai
tahap akhir dalam pembuatan sistem informasi pariwisata berbasis web. Hasil perancangan
berupa sitem informasi pariwisata berbasis web yang diharapkan mampu menjadi sebuah media
yang dapat mempromosikan wisata Kabupaten tebo selanjutnya dengan adanya perancangan desain
web ini diharapkan adanya proses perancangan serupa untuk menghasilkan karya yang lebih
baik dan lebih lengkap dari karya yang ada

References

[1] Dennis, Alan; & Wixom, Haley Barbara: & M.Roth, Roberta. 2010. Systems Analysis and
Design. Fourth Edition. United States of America : John Wiley & Sons, Inc.
[2] Dennis, Alan; & Wixom, Haley Barbara; & Tegarden, David. 2013. Systems Analysis and
Design with UML. Fourth Edition. United States of America : John Wiley & Sons, Inc.
[3] Janita Dewi, Ike. 2011. Implementasi dan Implikasi Kelembagaan Pemasaran Pariwisata yang
Bertanggung Jawab(Responsible Tourism Marketing). Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata
Republik Indonesia.
[4] Kendall, E. Kenneth; & Kendall, E. Julie. 2011. Systems Analysis and Design. Eighth Edition.
United States of America : Pearson Education Inc
[5] Kotler, Phillip; & Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management. 14th Edition, United
States of America : Pearson Education Inc.
[6] Laudon, Kenneth C; & Laudon, Jane P. 2012. Management Information Systems (Managing
The Digital Firm). Twelfth Edition. United States of America : Pearson Education Inc
[7] Madcoms. 2008. Aplikasi Web Database Menggunakan Adobe Dreamweaver CS3 dan
Pemrograman PHP dan MySQL. Yogyakarta : Andi.
[8] Nahak, Yohanes. 2009. Pengembangan Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web Di
Kabupaten Belu. Tesis tidak terpublikasi. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
[9] Novara, A. (2014). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Penjualan Sepeda Motor Honda di CV.
Mira Makmur Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Volume 2, Nomor 4.Samarinda:
Universitas Mulawarman.
[10] O’Brien, James A; & M. Marakas, George. 2010. Introduction To Information Systems.
Fifteenth Edition. New York : McGraw-Hill.
[11] Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering : A Practitioner’s Approach. Seventh Edition.
New York : McGraw-Hill.
[12] Rejeki, Indah Tri; & Miyono, Noor. 2015. Perancangan Sistem Informasi Pariwisata
Kabupaten Kudus Berbasis Web. Teknologi Informasi dan Komunikasi, ISSN:2087-0868,
Volume 6 Nomor 1. Semarang : STEMIK Provinsi Semarang.
[13] Sidik, Betha. 2014. Pemrograman Web dengan PHP. Bandung : Informatika.
[14] Wahana Komputer. 2009. Adobe Dreamweaver CS5. Yogyakarta : Andi.
[15] Www.visitingjogja.com
Published
2018-11-02
How to Cite
ARDHIYANI, Raysa Puteri; MULYONO, Herry. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PARIWISATA BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA KABUPATEN TEBO. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 952-972, nov. 2018. ISSN 2548-5873. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/manajemensisteminformasi/article/view/436>. Date accessed: 22 july 2019.