PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN LANDMARK ASIA TENGGARA BERBASIS ANDROID PADA SDN 139/IV JAMBI

  • Edryanto Edryanto STIKOM Dinamika Bangsa
  • Irawan Irawan
  • Effiyaldi Effiyaldi

Abstract

Aplikasi Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya ke dalam lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata yang melibatkan peranat bergerak seperti ponsel berbasis Android. Pengenalan landmark negara-negara Asia Tenggara merupakan salah satu bahan ajar yang ada di materi Kenampakan alam dan keadaan sosial negara tetangga di mata pelajaran IPS Kelas VI pada SD Negeri 139/IV Kota Jambi. Penyampaian materinya hanya menggunakan media seperti papan tulis dan gambar-gambar di buku. Tujuan penelitian ini adalah merancang aplikasi Augmented Reality pengenalan landmark yang ada di Asia Tenggara agar bisa dipakai oleh para siswa kelas VI di sekolah ini. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pengembanga Spiral. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi Augmented Reality pengenalan landmark yang ada di Asia Tenggara. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu para siswa kelas VI untuk bisa mengenai bangunan terkenal yang ada di Asia Tenggara.

Published
2020-03-04
How to Cite
EDRYANTO, Edryanto; IRAWAN, Irawan; EFFIYALDI, Effiyaldi. PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN LANDMARK ASIA TENGGARA BERBASIS ANDROID PADA SDN 139/IV JAMBI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Informatika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 31-42, mar. 2020. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/jimti/article/view/803>. Date accessed: 07 apr. 2020.