PERANCANGAN GAME RPG “MARI MENGENAL PROVINSI DI INDONESIA” MENGGUNAKAN UNITY

  • Rahmat Kurniawan STIKOM Dinamika Bangsa
  • Setiawan Assegaff
  • Eni Rohaini

Abstract

Umat manusia saat ini menghabiskan waktu setara dengan 3 miliar jam dalam satu minggu untuk bermain video game. Kebanyakan game tersebut ditujukan murni untuk hiburan, tapi menggunakan video game untuk edukasi juga mengalami perkembangan yang pesat. Jika saja sebagian waktu yang dihabiskan untuk memainkan video game tersebut dapat digunakan untuk mempelajari suatu hal, maka hal itu bisa mengubah pandangan seseorang tentang video game. Disini penulis mempelajari tentang game RPG dan mengembangkan ide untuk menggunakan genre game tersebut sebagai sarana untuk mengenal provinsi yang ada di Indonesia. Penulis merancang sebuah prototype game bernama "Mari Mengenal Provinsi Di Indonesia" untuk melihat apakah game benar-benar dapat digunakan untuk mengenal provinsi yang ada di Indonesia. Metode yang digunakan dalam pengembagan prototype game ini adalah Software Development Life Cycle (SDLC) Waterfall dimulai dari analisis, perancangan, pembuatan, pengujian dan pemeliharaan. Prototype game ini merupakan sebuah game bergenre RPG, dengan fokus utama pada fitur-fitur game RPG. Berdasarkan survei yang telah dilakukan, prototype game yang dihasilkan berhasil memenuhi hasil yang diinginkan.

Published
2020-03-04
How to Cite
KURNIAWAN, Rahmat; ASSEGAFF, Setiawan; ROHAINI, Eni. PERANCANGAN GAME RPG “MARI MENGENAL PROVINSI DI INDONESIA” MENGGUNAKAN UNITY. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Informatika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 13-30, mar. 2020. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/jimti/article/view/802>. Date accessed: 07 apr. 2020.