Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Jumlah Total Produksi Hcl Pada Perusahaan PT.Lontar Papyrus Menggunakan Algoritma Regresi Linier Berganda

  • Muhammad Al Hafizh Laksamana Universitas Dinamika Bangsa
  • Amroni Amroni
  • Afrizal Nehemia Toscany

Abstract

Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry (PT. LPPPI) adalah salah satu perusahaan di dalam Group APP (Asia Pulp and Paper) yang didirikan pada Tahun Pabrik pulp dan Tissue ini berlokasi di Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Propinsi Jambi HCl merupakan larutan akuatik dari gas hidrogen klorida. Ia adalah asam kuat. Senyawa ini juga digunakan secara luas dalam industri. Salah satunya dalam industri pembuatan Pulp di PT.Lontar Papyrus. Penggunaan HCl dalam pembuatan Pulp tersendiri berfungsi sebagai mempercepat reaksi. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dipelajari konsentrasi katalis dan lama pemasakan yang tepat untuk menghasilkan pulp dengan sifat kimia terbaik dan juga sempurna. Pada PT. Lontar Papyrus jumlah produksi HCl masih belum melakukan prediksi dalam produksi dalam bulan depannya sehinggan produksi masih belum efisien. Masalah yang penulis temukan dalam hal ini adalah jumlah produksi HCl di PT.Lontar Papyrus terkadang berlebih sehingga jumlah produksi tidak sesuai dengan yang di inginkan sebelumnya dan menjadi kurang efisien. Dari masalah yang penulis temukan di Perusahaan PT. Lontar Papyrus, penulis tertarik melakukan penelitian yang dituangkan dalam bentuk penulisan ilmiah yang berjudul “Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Jumlah Total Produksi Hcl Pada Perusahaan PT.Lontar Papyrus Menggunakan Algoritma Regresi Linier Berganda.

Published
2021-06-18
How to Cite
LAKSAMANA, Muhammad Al Hafizh; AMRONI, Amroni; TOSCANY, Afrizal Nehemia. Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Jumlah Total Produksi Hcl Pada Perusahaan PT.Lontar Papyrus Menggunakan Algoritma Regresi Linier Berganda. Jurnal Informatika dan Rekayasa Komputer (JAKAKOM), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 187-198, june 2021. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/jimti/article/view/1053>. Date accessed: 06 dec. 2021.