Pengenalan Rambu Lalu Lintas Sebagai Sarana Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus : SDN 134/IV Jambi Selatan)

  • Arif Nofriyanto Universitas Dinamika Bangsa
  • Nurhadi Nurhadi
  • Mulyadi Mulyadi

Abstract

Sekolah Dasar Negeri 134/IV Jambi Selatan, merupakan salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kota Jambi yang metode pembelajaran tentang rambu lalu lintas yang diterapkan saat ini banyak yang masih bersifat manual, penyampaian materinya hanya menggunakan media seperti gambar yang ada di buku dan dan simulasi. Pengetahuan berlalu lintas dengan berbasis teknologi masih perlu   dikembangkan, untuk lebih memudahkan dalam berlalu lintas, karena banyak yang belum mengetahui arti dari rambu-rambu  lalulintas yang terdapat dijalan. Penulis membangun   media   pembelajaran   tentang rambu lalulintas 3D berbasis augmented reality, yang  dapat memudahkan anak –anak dalam memahami arti rambu lalu lintas. Tahapan proses yang dilakukan dalam melakukan penelitian ini adalah mengidentifikasi masalah, studi literatur, pengumpulan data, pengembangan sistem, dan penyusunan laporan. Metode pengembangan sistem dalam penelitian ini penulis menggunakan model pengembangan prototype. Penelitian ini menghasilkan aplikasi Pengenalan Rambu Lalulintas 3D berbasis Augmented Reality. Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah siswa/i dalam mempelajari dan mengenali rambu lalulintas yang ada di jalan dengan memanfaatkan teknologi Agumented Reality (AR).

Published
2021-06-18
How to Cite
NOFRIYANTO, Arif; NURHADI, Nurhadi; MULYADI, Mulyadi. Pengenalan Rambu Lalu Lintas Sebagai Sarana Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus : SDN 134/IV Jambi Selatan). Jurnal Informatika dan Rekayasa Komputer (JAKAKOM), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 115-122, june 2021. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/jimti/article/view/1048>. Date accessed: 06 dec. 2021.