Perencanaan Arsitektur Sistem Informasi Dengan Menggunakan Togaf Adm Pada Balai Latihan Kerja Dan Produktifitas Provinsi Jambi

  • Mutia Mutia Universitas Dinamika Bangsa
  • Lola Yorita Astri
  • Beni Irawan

Abstract

Penerapan sistem informasi terintegrasi pada suatu perusahaan tidaklah mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan perencanaan dan kerjasama antar stakeholder serta metodologi yang baik. Balai Latihan Kerja dan Produktifitas adalah prasarana dan sarana tempat pelatihan untuk mendapatkan keterampilan atau yang ingin mendalami keahlian dibidangnya masing-masing. Pada BLKP terdapat beberapa aktifitas bisnis berdasarkan kebutuhan dan stategi bisnis yaitu terdiri dari penerimaan calon peserta pelatihan, administrasi, pelatihan kejuruan, penyaluran tenaga kerja, manajemen sarana dan prasarana, manajemen sumber daya manusia dan manajemen keuangan. TOGAF ADM dapat digunakan dalam perancangan enterprise architecture, sehingga didapatkan gambaran yang jelas bagaimana melakukan perancangan enterprise architecture, untuk mendapatkan sebuah enterprise architecture yang baik dan bisa digunakan oleh organisasi untuk mencapai tujuan strategisnya. Sistem informasi yang telah diuraikan diperlukan rancangan data dan aplikasi dengan mengintegrasikan antara aplikasi lama dan aplikasi baru yang dirancang dalam tahap information system architecture phase dengan menggunakan class diagram. Kemudian untuk menjalankan sistem informasi tersebut, diperlukan rancangan teknologi, baik dalam hardware maupun jaringan untuk mendukung integrasi data dan aplikasi pada tecnology architecture phase. Sehingga didapatkan sebuah perencanaan enterprise architecture berupa blueprint yang sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan bisnis perusahaan dan dapat dijadikan panduan pengelolaan sistem informasi dalam pengelolaan data dan informasi, dimana pada blueprint tersebut telah diintegrasikan  dengan 25 aplikasi usulan yang bisa diterapkan pada Balai Latihan kerja dan Produktifitas Provinsi Jambi.

Published
2020-09-12
How to Cite
MUTIA, Mutia; ASTRI, Lola Yorita; IRAWAN, Beni. Perencanaan Arsitektur Sistem Informasi Dengan Menggunakan Togaf Adm Pada Balai Latihan Kerja Dan Produktifitas Provinsi Jambi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sistem Informasi, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 261-275, sep. 2020. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/jimsi/article/view/899>. Date accessed: 28 sep. 2020.