Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceive Usefulness, Service Quality, Perceived Value Terhadap Customer Saticfaction Pada Pengguna Grab (Studi Kasus Mahasiswa STIKOM DB Jambi)

  • Echy Trisnawati
  • Setiawan Assegaff
  • Eni Rohaini

Abstract

Pertumbuhan di sektor jasa telah menyulitkan perusahaan untuk secara konsisten membuat, berbagi, dan mempertahankan pengalaman layanan pelanggan yang mengesankan. Pandangan ini mengakui peran signifikan umpan balik pelanggan untuk meningkatkan kualitas layanan yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, service quality, dan perceived value terhadap customer satisfaction pengguna Grab mahasiswa Stikom Db Jambi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner terhadap 100 responden pengguna Grab di kota Jambi yang diperoleh dengan menggunakan teknik Non-probability sampling dengan pendekatan accidential sampling dan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah menggunakan Grab. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analsisis regresi berganda menggunakan software SPSS Statistic 25. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel service quality, dan perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Sedangkan perceived ease of use dan perceived usefulness tidak berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction. Selain itu diperolah nilai R2 square sebesar 0,670 atau 67,0% yang berarti variabel bebas atau independen memberikan hampir semua informasi yang dibutuhkan untuk memprediksi variasi variabel terikat atau dependen. Sedangkan sisanya sebesar 33% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model.

Published
2019-10-05
How to Cite
TRISNAWATI, Echy; ASSEGAFF, Setiawan; ROHAINI, Eni. Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceive Usefulness, Service Quality, Perceived Value Terhadap Customer Saticfaction Pada Pengguna Grab (Studi Kasus Mahasiswa STIKOM DB Jambi). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sistem Informasi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 82-96, oct. 2019. Available at: <http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/jimsi/article/view/693>. Date accessed: 12 dec. 2019.